Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Perbaikan rancangan perubahan Perdasus Kursi Pengangkatan siap dikirim ke Jakarta

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Papua, Musa Isir. - Jubi/Alex
Perbaikan rancangan perubahan Perdasus Kursi Pengangkatan siap dikirim ke Jakarta 1 i Papua
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Papua, Musa Isir. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Papua memastikan perbaikan rancangan perubahan Peraturan Daerah Khusus atau Perdasus Kursi Pengangkatan bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua akan segera diantar tim ke Jakarta. Kepala Bakesbangpol Papua, Musa Isir menyatakan surat Gubernur Papua terkait perbaikan itu juga telah siap.

Perdasus Kursi Pengangkatan selama ini dasar hukum untuk mengangkat para wakil dari lima wilayah adat di Papua menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). Rancangan perubahan Perdasus Kursi Pengangkatan yang diajukan DPRP telah dikembalikan Kementerian Dalam Negeri, dengan disertai sejumlah catatan dan permintaan perubahan.

Perbaikan rancangan perubahan Perdasus Kursi Pengangkatan siap dikirim ke Jakarta 2 i Papua

Musa Isir mengatakan rancangan perubahan Perdasus Kursi Pengangkatan itu telah diperbaiki lagi oleh DPRP, dan akan segera disampaikan kembali kepada Kementerian Dalam Negeri. “Surat Gubernur terkait 14 kursi sudah siap dan akan diantar oleh tim ke Jakarta. Setelah ada nomor registrasi [Perdasus Kursi Pengangkatan yang baru], maka seluruh tahapan [pemilihan anggota DPRP melalui mekanisme pengangkatan akan segera dimulai,” kata Isir di Jayapura, Senin (14/10/2019).

Terkait dengan tahapan pemilihan 14 wakil dari lima wilayah adat itu, Isir menyatakan akan ada seleksi terbuka bagi para calon anggota DPRP kursi pengangkatan itu. Isir memastikan seluruh tahapan pemilihan itu akan berjalan sesuai mekanisme yang berlaku. “Untuk siapa yang nanti akan duduk di 14 kursi Otsus ini, tentu akan diumumkan setelah semua tahapan selesai dilakukan,” ujarnya.

Isir memperkirakan 14 anggota DPRP yang dipilih melalui mekanisme pengangkatan itu tidak akan bisa dilantik bersama-sama para anggota DPRP terpilih hasil Pemilihan Umum 2019. Pasalnya, keberlakuan Perdasus Kursi Pengangkatan masih harus menunggu nomor registrasi dari Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi kemungkinan besar pelantikan anggota legislatif [hasil Pemilihan Umum 2019] akan [dilantik] lebih dulu. Pelantikan 14 [anggota DPRP yang dipilih melalui mekanisme pengangkatan] menyusul,” kata Isir.

Loading...
;

Sebelumnya, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, Ignasius W Mimin mengatakan pihaknya telah merampungkan pembahasan revisi Peraturan Daerah Khusus atau Perdasus nomor 6 tahun 2014 yang mengatur mekanisme pengangkatan 14 anggota DPRP dari lima wilayah adat. Menurutnya, rancangan perubahan itu merupakan revisi kedua Perdasus Kursi Pengangkatan. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top