HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Perbankan siap layani kebutuhan nasabah selama Natal dan Tahun Baru

Suasana pelayanan nasabah Bank Rakyat Indonesia di Jayapura. – Jubi/Sindung

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Perbankan di Papua bersiap menghadapi masa liburan Natal dan Tahun  Baru  2020. Direktur Keuangan Bank Papua, Rudi Dharma mengaku pihaknya telah siap melayani kebutuhan uang tunai nasabahnya selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru itu.

“Secara total, perkiraan [nilai uang tunai yang siap kami salurkan kepada nasabah kami pada masa Natal dan Tahun Baru] sebesar Rp4,5 triliun.  Di Papua, Rp3,724 triliun, dan di Papua Barat Rp798 miliar,” ujar Rudi Dharma. Menurutnya, Bank Papua akan melayani penukaran uang kecil di kantor cabang utama dan pembantu serta ATM yang ada.

Regional CEO Bank Mandiri Region XII-Papua, I Gede Raka Arimbawa mengatakan Bank Mandiri terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Selama hari libur dan cuti bersama hari Natal dan Tahun Baru 2019, Bank Mandiri membuka layanan kas terbatas di empat Kantor Cabang di Provinsi Papua dan 3 Kantor Cabang di Provinsi Papua Barat.

Arimbawa menyampaikan Bank Mandiri juga sudah mengantisipasi kebutuhan uang tunai pada momen Natal dan Tahun Baru yang akan mengalami kenaikan dibanding dengan kondisi normal. Pada kondisi normal kebutuhan uang tunai nasabah Bank Mandiri di Papua dan Papua Barat mencapai rata-rata Rp612 miliar per bulan.

Bank Mandiri memperkirakan kebutuhan uang tunai nasabahnya pada masa Natal dan Tahun Baru 2020 akan tumbuh sebesar 29 persen dibanding rata-rata bulan sebelumnya, atau berkisar Rp790 miliar. Angka itu lebih besar dari nilai uang tunai yang disalurkan kepada nasabah Bank Mandiri pada musim Natal dan Tahun Baru tahun lalu, yang mencapai Rp765 miliar.

Kebutuhan uang pecahan kecil pada Natal 2019 di proyeksikan sebesar Rp9,6 miliar. Sejumlah Rp6,6 miliar di antaranya telah disiapkan dalam bentuk uang pecahan Rp20 ribu dan Rp10 ribu, karena kedua pecahan itu yang paling banyak diminati pada musim Natal dan Tahun Baru.

Loading...
;

“Ke depannya Bank Mandiri akan sebaik mungkin melayani nasabah. Semuanya kita lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah setia Bank Mandiri.” ujar Arimbawa.

Kepala Cabang BRI Jayapura, Hendry Manalu mengatakan pihaknya belum menemukan adanya lonjakan kebutuhan uang tunai dan uang pecahan kecil. Meskipun demikian, BRI juga telah bersiap melayani kebutuhan uang tunai nasabahnya pada masa Natal dan Tahun Baru.

“Tak hanya penukaran uang kecil di kantor kas dan cabang di Jayapura. Kami juga menyiapkan e-channel seperti ATM. Semua disiapkan untuk mencukupi kebutuhan uang tunai,”  ujarnya.

Bank Indonesia memprediksi kebutuhan uang  tunai Bank Indonesia

Perwakilan Papua pada masa persiapan Natal dan Tahun Baru akan mencapai Rp4,2 triliun. Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan pihaknya mampu menyediakan uang tunai sebesar Rp7,7 triliun.

Menurutnya ketersediaan uang tunai sangat mencukupi kebutuhan perbankan Papua untuk melayani kebutuhan uang tunai nasabahnya masing-masing. Sinaga menyatakan meningkatnya kebutuhan uang tunai seiring dengan peningkatan aktivitas perekonomian di Papua.

“Memang akhir tahun selalu ditandai dengan geliat perekonomian. Peningkatan kebutuhan uang tunai, menunjukkan aktivitas perekonomian meningkat,” ujar Sinaga.

Naek Sinaga menyatakan batas terakhir bagi perbankan menarik uang dari Bank Indonesia adalah tanggal 27 Desember 2019. Pada tanggal 30 dan 31 Desember 2019,  setiap perbankan telah siap melayani kebutuhan uang tunai masing-masing nasabahnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top