Perbatasan RI-PNG Dikunjungi Dubes Swiss

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua Suzana Wanggai mendampingi Dubes Swiss untuk Indonesia Mrs. Yvonne Baumann di wilayah perbatasan RI-PNG di Wutung – Jubi/Ist.
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua Suzana Wanggai mendampingi Dubes Swiss untuk Indonesia Mrs. Yvonne Baumann di wilayah perbatasan RI-PNG di Wutung – Jubi/Ist.

Jayapura, Jubi – Wilayah perbatasan negara saat ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun daerah. Isu-isu terkini terkait dengan masalah perbatasan antar negara khususnya perbatasan RI-Papua Nugini  (PNG) pun telah menarik perhatian dari berbagai kalangan.

Duta Besar  (Dubes) Swiss untuk Indonesia  Mrs. Yvonne Baumann datang ke perbatasan RI-PNG pada Kamis (4/8/2016). Kedatangannya ke perbatasan disambut oleh Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua Suzana Wanggai dan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS Letkol Inf Kohir di depan Pos Kotis Yonif 122/TS Skouw.

“Pada intinya dalam kunjungan Dubes Swiss tersebut ingin melihat secara dekat kehidupan perbatasan antara Indonesia dengan Negara tetangganya. Dan beliau cukup senang karena bisa lihat dengan langsung kehidupan di daerah perbatasan khususnya RI-PNG,” kata Suzan Wanggai kepada Jubi, Jumat (5/8/2016) melalui sambungan telepon selularnya.

Dirinya menambahkan, dalam kunjungan tersebut juga Dubes Swiss menanyakan beberapa hal seperti bagaimana hubungan masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan baik masyarakat Papua dengan masyarakat Papua Nugini.

“Kami menjelaskan bahwa wilayah perbatasan khususnya di wilayah Papua-Indonesia, adalah tanah dari Pemerintah Indonesia namun kami sangat menghargai hak ulayat masyarakat setempat. Kan banyak warga Indonesia yang memiliki kebun di wilayah Papua Nugini dan sebaliknya. Dan kami menghargai itu, dan Ibu Dubes sangat kagum dengan apa yang terjadi di perbatasan tersebut,” ujarnya.

Kepada Dubes Swiss, Suzana Wanggai juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia saat ini sangat intensif membangun wilayah perbatasan RI dengan berbagai negara tetangga, di Kalimantan dengan Malaysia Timur, Nusa Tenggara Timur dengan Timur Leste dan di Papua sendiri dengan Papua Nugini.

Ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS Letkol Inf Kohir dalam sambungan telepon selularnya mengatakan bahwa rombongan Dubes Swiss tersebut tiba tepat pukul 14.05.

Loading...
;

“Setelah tiba di depan Pos Kotis, Dubes Swiss turun dari kendaraan dan berbincang-bincang sejenak dengan Kepala Badan Perbatasan RI-PNG lalu melanjutkan peninjauan ke pintu gerbang perbatasan  negara, kami mengantar sampai sana,” katanya.

Pada kunjungannya  tersebut Dubes Swiss juga menyempatkan diri untuk masuk ke wilayah Papua Nugini. Disana meninjau berbagai kantor pemeriksaan perbatasan Papua Nugini dan akses jalan darat yang menuju Indonesia.

Selama penjauan di garis batas (zona Netral ) RI-PNG, Dubes Swiss menerima penjelasan secara umum situasi perbatasan RI-PNGdiantaranya arus pelintas batas dari PNG ke RI dan sebaliknya, kegiatan stakeholder yang ada di perbatasan, berbagai kebijakan pemerintah pusat tentang pembangunan wilayah perbatasan. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top