Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Perda Miras bisa dibatalkan lewat Perdasi gubernur

Ilustrasi bahaya alkohol. Pixabay.com/Jubi
Perda Miras bisa dibatalkan lewat Perdasi gubernur 1 i Papua
Ilustrasi bahaya alkohol. Pixabay.com/Jubi

Jayapura, Jubi- Peredaran dan penjualan minuman keras masih juga berlangsung. Padahal penolakan terhadap Miras telah gencar disuarakan berbagai pihak, di antaranya Solidaritas Anti Miras Papua.

Aksi yang digelar Solidaritas Anti Miras di halaman kantor Wali Kota Jayapura pada Rabu (6/3/2018) dihadang aparat dan dan pemuda Port Numbay. Kepala daerah itu, Benhur Tomi Mano bersikukuh memertahankan Perda terkait pemasokan, pengendalian,pengawasan Miras di wilayah itu.

Terkait hal itu, dosen hukum dari Universitas Cenderawasih, Marudut Siagian mengatakan pada prinsipnya suatu peraturan yang lebih rendah bisa dibatalkan dengan peraturan yang lebih tinggi. Karena itu, Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) dapat membatalkan Perda di tingkat kabupaten atau kota .

Perda Miras bisa dibatalkan lewat Perdasi gubernur 2 i Papua

Saat ini, Perdasi tentang Larangan Miras di Papua belum ditetapkan oleh gubernur. Belum diundangkan dalam lembaran daerah.

“ Saya ikut menyusun perubahan Perdasi larangan Miras, dimana dalam Perdasi tersebut Gubernur berwenang mencabut izin pengedaran miras yang telah diterbitkan bupati atau walikota,” ujarnya Rabu (6/3/2019).

Sebelumnya Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan, pengawasan dan pengendalian miras di Kota Jayapura sudah punya Perda tersendiri.

Dengan Perda itu, Mano telah menutup dua dari empat tempat pemasok Miras di wilayah itu.

Loading...
;

Ketua Solidaritas Anti Miras Anis Lengka menambahkan secara hukum pihaknya punya hak menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana yang dijamin oleh UUD 1945.

“Ini adalah aksi damai, kami undang kepada semua pihak untuk datang bergabung untuk bersama-sama menyuarakan persoalan ini,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top