Follow our news chanel

Perda penanganan konflik, solusi konflik di Mimika

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Perjuangan untuk melahirkan Peraturan Daerah tentang penanganan konflik masih terus dilakukan. Kini Anggota DPR Papua, John NR Gobay bertemu dengan sejumlah tokoh adat dan Perempuan di Mimika, Kabupaten Mimika, Papua.

Frekuensi konflik sosial di Timika sangat tinggi. Gobay menilai Perda penanganan konflik sangat penting diperjuangan masyarakat di kabupaten tersebut, sebagai solusi konflik-konflik tersebut. Karena konflik melahirkan pembunuhan yang pada akhirnya mengancam eksistensi masyarakat adat itu sendiri. Masyarakat adat terancam habis di tanah adatnya sendiri.

"Masyarakat sudah berkurang. Kita harus atur supaya konflik diatasi dengan perda sebagai pedoman penyelesaian konflik,"ujar perwakilan wilayah adat Meepago di Timika, Selasa (23/10/2018).

Thomas Wamang, tokoh masyarakat adat Mimika mendesak Pemerintah membentuk peradilan adat dengan satu legalitas yang jelas dan tegas. Supaya lembaga masyarakat adat setempat menjadi bagian dari proses penyelesaian konflik.

"Saya minta agar Lemasa dan Lemasko dilibatkan dalam penyelesaian konflik dengan bentuk pengadilan adat di Mimika," ujarnya.

Nico Fatarewa dari Lembaga Masyarakat Adat Kamoro ((Lemasko) mengatakan Perda yang menjadi harapan ini akan menyatukan dua lembaga masyarakat adat di wilayah itu. Bersatu membangun tanah leluhur damai dan nyaman.

Loading...
;

"Dalam Perda ini sebut ada pengadilan adat maka kami Lemasa dan Lemasko harus duduk bersama demi menyelesaikan konflik," ujar dia.

Tokoh perempuan Amugme, Ema Narkime mengatakan rancangan peraturan daerah yang menjadi pokok diskusi kiranya bisa menjawab kerinduan rakyat dan masyarakat adat.

"Tidak ada orang atau lembaga peradilan adat untuk bicara tentang masalah yang terjadi dan selesaikan masalah," katanya.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top