Follow our news chanel

Perekaman KTP-el di 10 kabupaten tak sampai 10 persen

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk mengungkap, hingga kini ada 10 dari 28 kabupaten dan satu kota di Papua yang perekaman Kartu Tanda Penduduk elektroniknya (KTP-el) masih di bawah 10 persen.

"10 kabupaten ini di wilayah pegunungan, yakni Puncak, Puncak Jaya, Yahukimo, Deiyai, Dogiyai, Mamteng, Mambra, Paniai, dan Tolikara," kata Ribka Haluk, Rabu (31/10/2018).

Kata Haluk, pihaknya terus berupaya mengejar target meski untuk mencapai perekaman 100 persen butuh waktu. Namun dibutuhkan peran penting para bupati dan Dinas Kependudukan di daerah, karena pihak provinsi hanya memfasilitasi. 

"Memang tergantung kondisi geografis di daerah dan masyarakatnya. Makanya bagaimana para bupati mendorong ini (perekaman KTP-el)," ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan akhir tahun ini, data kependudukan warga Papua yang belum melakukan perekaman KTP-el akan dibekukan sementara waktu, setelah yang bersangkutan melakukan perekaman barulah akan diaktifkan kembali. 

Sementara Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sudan Arif Fakrulloh mengatakan, perekaman KTP-el di Papua terus dilakukan agar warga dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Loading...
;

"November 2018, mendatang kami akan melakukan perekaman di wilayah pegunungan," kata Sudan Arif Fakrulloh di Jayapura.

Untuk mempercepat perekaman KTP-el di Papua menurutnya, dibutuhkan peran gubernur, bupati (wali kota), kepala distrik hingga lurah agar mengingatkan warga.

"Untuk aktif butuh peran aktif para aparat wilayah guna warga melakukan perekaman," ucapnya. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top