Pererat Silaturahmi, IKWW Gelar Halal Bihalal

Ponto Yelipele, Ketua IKWW Kota  Jayapura - Jubi/Munir
Ponto Yelipele, Ketua IKWW Kota Jayapura – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Ikatan Keluarga Wilayah Walesi (IKWW) Kota Jayapura menggelar acara halal bihalal bersama anggotanya, di Kelurahan Angkasa, Kota Jayapura, Sabtu (15/8/2015). Acara berlangsung sederhana dan dihadiri oleh puluhan anggota IKWW di Kota Jayapura. Tema pada kegiatan tersebut yaitu “Memperteguh Kebersamaan Dalam Keberagaman”.

“Sebagaimana tema kegiatan ini yaitu, Memperteguh Kebersamaan Dalam Keberagaman tujuannya adalah untuk memperteguh kebersamaan kita sebagai keluarga besar IKWW yang ada di Kota Jayapura. Kami memang sudah bersama tetapi perlu keteguhan, agar kebersamaan kita tetap selalu terjaga dalam waktu yang lama, kalau perlu selama-lamanya,” kata Ponto Yelipele, Ketua IKWW Kota Jayapura, disela-sela acara halal bihalal, Jumat (15/8/2015).

Yelipele mengharapkan, dengan kegiatan halal bihalal ini dapat menjadi contoh bagi paguyuban-paguyuban lain yang ada di Kota Jayapura untuk bisa selalu menjaga kebersamaan dan saling gotong royong antar sesame anggota paguyuban.

“Kalaupun dari mimbar ke mimbar pemerintah selalu mengkampanyekan damai, kemudian kerukunan, tetapi itu semua seperti halnya ‘tong kosong yang nyaring bunyinya’. Seharusnya pemerintah bukan hanya mengkampanyekan, tetapi pemerintah perlu memperkuat kelompok-kelompok paguyuban seperti ini, untuk kemudian bisa menciptakan suasana untuk saling menjaga sesame anggota agar tetap, baik, rukun dan damai,” katanya.

Menurutnya saat ini paguyuban-paguyuban di Kota Jayapura begitu banyak bermunculan namun tidak menjaga kekompakan bersama anggota lain secara berkelanjutan, melainkan terkadang ada yang mudah terpecah belah.

“Paguyuban di Kota Jayapura ini tumbuh seperti jamur, tetapi lebih banyak yang acuh tak acuh dengan sesama anggotanya. Tidak ada pembinaan atau kebersamaan. Tetapi kalau kami pribadi selalu rukun dan saling menjaga, karena sudah pembawaan sejak tahun 1995 kakak-kakak kami dulu di kampung halaman kami, kita harus punya rumah bersama supaya adik-adik kami yang tidak punya bisa kami rawat dan kami jaga,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Muksin Muhammad, Kepala Kelurahan Angkasa mengajak kepada semua anggota IKWW di Kota Jayapura untuk selalu saling menjaga, menghormati baik dengan anggota IKWW maupun dengan masyarakat disekitar tempat tinggal masing-masing.

Loading...
;

“Saya mengharapkan kepada keluarga besar Walesi , agar tidak mudah terpancing dengan kerusuhan atau kejadian-kejadian yang dapat memecah tali persaudaraan kita. Karena Kota Jayapura ini penduduknya heterogen yang terdiri dari banyak suku, sehingga mari kita senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Jayapura,” kata Muhammad.

Untuk diketahui, berbeda dari daerah lain Lembah Baliem. Daerah Walesi (6 km dari Selatan Kota Wamena) pada tahun 1975-1977, Merasugun, Firdaus dan Muhammad Ali Asso, adalah generasi pertama pemeluk Islam. Mereka berhasil mengembangkan Islam menjadi besar. Walesi kini menjadi pusat Islam (Islamic Centre) di Lembah Baliem, Wamena, Provinsi Papua khususnya dan mungkin seluruh Papua. (Munir)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top