Follow our news chanel

Pergantian Sekjen PIF selesai November ini

Simon Kofe. - RNZ Pacific/ Jamie Tahana

Papua No.1 News Portal | Jubi

Funafuti, Jubi – Menteri Luar Negeri Tuvalu, Simon Kofe, mengakui ancaman negara-negara Mikronesia untuk meninggalkan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) ini mengkhawatirkan.

Kepala-kepala negara dari Palau, Nauru, Kiribati, Federasi Mikronesia, dan Kepulauan Marshall mengeluarkan peringatan itu dalam komunikenya awal bulan ini. Pernyataan itu diumumkan pada penutupan KTT Pemimpin-pemimpin Mikronesia, dan menegaskan bahwa lima negara itu akan meninggalkan PIF jika kandidat yang mereka calonkan sebagai Sekretaris Jenderal organisasi regional itu tidak mendapatkan jabatan.

Menyusul Konferensi Menteri-Menteri Luar Negeri Pasifik pekan lalu, pemimpin pertemuan itu, Simon Kofe dari Tuvalu, menyayangkan situasi ini.

“Ini adalah sesuatu yang akan dipertimbangkan oleh para pemimpin. Tentunya kita sangat prihatin dengan ancaman dari Mikronesia untuk mengundurkan diri dari PIF.”

Dame Meg Taylor dari Papua Nugini akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal pada Januari. Penggantinya diharapkan akan diumumkan bulan depan.

Simon Kofe mengatakan proses penggantian sekjen tersebut tidak mudah, tetapi yang paling penting, tujuannya adalah untuk menjaga solidaritas di wilayah tersebut.

Loading...
;

Meskipun Kofe tidak mengungkapkan informasi detail tentang proses pemilihan, Kofe membenarkan besarnya minat dari negara-negara anggota untuk memperebutkan jabatan tersebut.

“Prosesnya akan ditentukan oleh para pemimpin PIF. Tetapi dalam hal waktu, kami perkirakan November ini. Mayoritas anggota PIF telah menyatakan keinginan mereka agar urusan ini rampung pada minggu pertama November.”

Kofe menambahkan negara-negara anggota diharapkan akan menyerahkan pilihan mereka dalam pemilihan sekjen yang baru sebelum akhir pekan lalu. Persoalan ini adalah salah satu dari dua topik utama yang dibahas pada konferensi para Menteri Luar Negeri Pasifik minggu lalu. Kofe menerangkan bahwa mereka juga berdiskusi mengenai pandemi Covid-19. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top