Follow our news chanel

Previous
Next

Peringkat global Kepulauan Solomon dalam wisata petualangan naik pesat

Menurut ADTI, jenis kegiatan dalam wisata petualangan atau adventure tourism termasuk birdwatching, berkemah, menelusuri gua, panjat gunung, kayak, arung jeram, berlayar, selam skuba, selancar, dan pendakian. - Solomon Times/ Supplied

Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Meskipun pandemi Covid-19 telah membawa dampak buruk pada industri pariwisata Kepulauan Solomon, negara tersebut tetap berhasil mendapatkan capaian besar setelah peringkatnya sebagai negara tujuan wisata petualangan secara global naik pesat.

Dalam Indeks 2020 yang baru saja diluncurkan, Kepulauan Solomon telah naik 40 peringkat – lebih dari negara Kepulauan Pasifik lainnya – dalam sistem peringkat global yang disebut Indeks Pembangunan Pariwisata Petualangan (Adventure Tourism Development Index; ADTI).

ADTI mengkaji tingkat keamanan dan keramahtamahan negara pada turis yang melakukan wisata petualangan, jenis kegiatan dan kualitas petualangan apa saja yang ditawarkan, dan kesiapan negara tersebut untuk menawarkan pariwisata petualangan berkelanjutan yang fokus pada elemen-elemen seperti infrastruktur dan sumber daya budaya.

Tahun ini, posisi Kepulauan Solomon telah naik drastis, dari peringkat sebelumnya yaitu ke-149 di dunia, menjadi peringkat baru negara terbaik ke-109 dalam hal wisata petualangan. Fiji (saat ini berada pada urutan ke-37) juga naik sebanyak 28 tingkat, Papua Nugini naik 12 peringkat menjadi peringkat ke-116, sementara Vanuatu turun tujuh tingkat ke peringkat ke-85 di dunia.

Pencapaian Kepulauan Solomon ini sangat signifikan, mengingat laporan Pemerintah Kepulauan Solomon bahwa pariwisata adalah salah satu sektor di negara itu yang paling terkena dampak ekonomi pada 2020. Negara itu diperkirakan akan mengalami penurunan dalam sektor pariwisata hingga 60% tahun ini.

Menurut ADTI, kegiatan-kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai wisata petualangan termasuk birdwatching, berkemah, menelusuri gua, panjat gunung, kayak, arung jeram, berlayar, selam skuba, selancar, dan pendakian.

Loading...
;

Inisiatif pemerintah Australia, Strongim Bisnis, telah mendukung sejumlah usaha dibidang pariwisata di Kepulauan Solomon, baik sebelum maupun selama pandemi, untuk mengembangkan produk-produk wisata petualangan. (Solomon Times/ Strongim Bisnis)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top