Follow our news chanel

Previous
Next

Permintaan darah di RSUD Nabire 200 hingga 300 kantong perbulan

Permintaan darah di RSUD Nabire 200 hingga 300 kantong perbulan 1 i Papua
dr. Lanti Setiawati – Jubi/Titus Ruban.

 

Nabire, Jubi – Permintaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire diklaim mencapai 200 – 300 kantong per bulan.

“Untuk RSUD, kebutuhan yang harus dijawab hampir 300 kantong tiap bulan, tetapi dalam sekali permintaan bisa capai tiga -empat kantong ,” ujar dr. Lanti setiawati, di Nabire saat melakukan donor darah dalam rangka ulang tahun pertama komunitas bete, Minggu (7/04/2019).

dokter patologi klinik di laboratorium RSUD Nabire yang membawahi transfusi darah ini bilang, permintaan darah yang paling susah adalah darah AB. Sementara golongan darah lain seperti O, B, A, masih bisa didapat.

Untuk itu dia mengapresiasi permintaan donor darah dari komunitas Bete dalam merayakan 1 tahun perkumpulannya. Pada acara itu, diperoleh 45 kantong darah.

“Kami sambut baik permintaan mereka sebab butuh darah, ” ucapnya.

Dokter Lanti bilang, kesadaran masyarakat Nabire dalam tranfusi darah sangat kurang. Padahal kebutuhan memenuhi kebutuhan di rumah sakit terus meningkat.

Loading...
;

Awalnya, di rumah sakit dulu sering pihaknya bekerja sama dengan klinik-klinik luar untuk memenuhi persediaan.

“Tapi tetap persediaan untuk RS kami utamakan, baru pihak luar,kami juga menggunakan donor keluarga. Misalkan ada yang sakit butuh darah, kita suruh keluarga untuk cari kemana-mana sendiri, ” terangnya.

Seorang anggota PMI, Dede mengatakan salah satu kendala darah selain kurangnya minat masyarakat, juga disebabkan PMI di daerah ini tidak berfungsi dan tidak punya kegiatan.

“Masyarakat sudah kurang minat mendonor darah, PMI juga tidak berperan aktif, ” katanya.

Adi Purnomo, koordinator komunitas FBC (Family Bete Comunity) mengatakan, perkumpulannya adalah wadah antar pebisnis di Nabire. Donor darah ini dilakukan karena pihaknya prihatin dengan kebutuhan darah di RSUD Nabire.

“Prihatin dengan kondisi persediaan darah di RS. tiap hari orang cari darah, makanya kami coba untuk melakukan kegiatan donor dalam rangka ulang tahun, ” tutupnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top