Follow our news chanel

Previous
Next

Perpustakaan kampung dorong tingkat kesejahteraan masyarakat

Papua
Taman Baca Phaniauw Khena Mbai di Komplek Kantor Bupati Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Pemerintah Kabupaten Jayapura mendukung dan mengembangkan perpustakaan swadaya di perkampungan. Kebijakan itu sejalan dengan program nasional, yakni Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan Masyarakat.

“Sejauh ini baru Rumah Baca Wali Niphi yang menjadi perhatian serius (fokus pengembangan). Diharapkan, masyarakat lain juga berswadaya membangun rumah baca di kampung masing-masing,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Arry Ronny Deda, Selasa (22/9/2020)

Deda mengatakan Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan Masyarakat juga sejalan dengan keinginan pemerintah setempat menjadikan distrik sebagai pusat pemberdayaan, pelatihan, dan data. “Perpustakaan kampung menjadi pusat data dan informasi sekaligus pusat kesejahteraan masyarakat. Setelah membaca, warga dapat menerapkan (pengetahuan dari buku) di rumah masing-masing.”

Deda mengapresiasi upaya Rumah Baca Wali Niphi yang intensif mengembangkan kegiatan literasi, terutama kepada anak-anak di Kampung Yoboi. Menurutnya, pertumbuhan minat baca sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan warga setempat. “Rumah Baca Wali Niphi akan menjadi binaan kami (proyek percontohan), dan akan disosialisasikan (direplikasikan) di kampung-kampung lain.”

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Rudy Sokoy menambahkan mereka bakal membuka taman baca di lokasi wisata Pholeuw Park. Mereka bakal mengordinasikan rencana itu dengan dinas pariwista setempat.

“Jadi, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan Danau Sentani. Mereka juga bisa mendapat (tambahan) informasi melalui buku di taman baca,” kata Sokoy. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top