Persipura target juara Piala Indonesia 2019

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Setelah rampung dengan urusan sponsor dan kontrak pemain, Persipura mulai mematok target di turnamen Piala Indonesia. Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommi Mano mengatakan pihaknya mematok gelar juara pada turnamen tersebut.

“Sekarang kami mulai fokus, dan kami target juara pada turnamen ini,” kata BTM sapaan akrabnya kepada Jubi, Rabu (23/1/2019) di Jayapura.

Piala Indonesia pertama kali diadakan pada tahun 2005 dengan nama Copa Indonesia (Copa Dji Sam Soe untuk alasan sponsor). Turnamen yang mempertemukan seluruh klub sepak bola dari 3 tingkatan kompetisi Liga Indonesia yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Pada tahun 2018 klub yang berpartisipasi berjumlah 128 klub dari ketiga tingkatan tersebut.

“Nanti tanggal 20 Januari 2019 mendatang Persipura sudah bertolak ke Gorontalo untuk menghadapi Persigo Gorontalo pada babak 32 besar,” ujarnya.

Melalui turnamen Piala Indonesia, klub-klub dari luar Liga 1 memiliki kesempatan untuk menghadapi klub-klub besar yang selalu menghuni Liga 1. Bagi klub-klub divisi terendah, merupakan kebanggaan dapat mengukur kemampuan melawan klub-klub besar bahkan menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi pembunuh raksasa jika mampu mengalahkan klub-klub dari divisi di atasnya.

Klub-klub yang pernah merasakan gelar juara diantaranya, Arema Malang dua kali yaitu pada tahun 2005 dan 2006, Sriwijaya FC malah merasakan tiga kali gelar juara yaitu pada tahun 2007-2008, 2008-2009, dan 2010-2011, dan terakhir adalah Persibo Bojonegoro (2011-2012).

Loading...
;

Persipura sendiri pernah mencicipi partai final menghadapi Sriwijaya FC pada tahun 2008-2009, namun ada kontroversi yang terjadi di Stadion Jakabaring, Palembang. Akibatnya, pada menit 60, Persipura menyatakan walk out (WO) saat pertandingan masih berjalan dengan skor 1-0 untuk Sriwijaya FC.

Hal ini "mencoreng" nama fair play, sehingga sebagai hasil akhir Sriwijaya FC menang 4-0 karena Persipura yang menyatakan WO. Setelah kasus itu, muncul dugaan Persipura akan diturunkan dari Liga Super Indonesia ataupun mengundurkan diri dan mengikuti kompetisi Australia namun Persipura tetap bermain di Liga Super Indonesia pada musim berikutnya.

Terpisah pengamat sepakbola Papua Nico Dimo mengatakan, Piala Indonesia adalah ajang pemanasan bagi klub-klub yang akan menghadapi kompetisi yang sesungguhnya.

“Saya pikir target itu juga perlu, selain target, klub juga diberikan kesempatan untuk mencoba amunisi yang sudah dimilikinya. Semoga Persipura bisa mencapai target yang diinginkan. Intinya, kompetisi Liga 1 mendatang Persipura harus lebih baik lagi,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top