Persit Kaimana gelar lomba yospan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Kaimana, Jubi – Persatuan Istri-Istri Tentara (Persit) Katika Candra Kirana cabang 40 Kodim 1713 menggelar lomba tarian yosim pancar (yospan).

Lomba yang digelar di aula Makodim 1713 Kaimana, Jalan Batu Putih dan diikuti peserta empat grup, yang merupakan istri-istri TNI di Kaimana ini dilakukan untuk melestarikan budaya dan tarian adat Papua. 

Selain itu, kegiatan itu digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-71 Persit. 

Ketua Persit Kartika Candra Kirana 40 Kodim 1713 Kaimana, Levina Wempy Ramandey mengatakan, tarian yospan perlu dilestarikan, sehingga harus dibawakan dalam setiap even. 

“Kalau tidak (ditampilkan) budaya dan adat kita ini akan hilang seiring dengan masuknya budaya modern. Selain itu saya harapankan lewat momen seperti ini kita istri-istri tentara ini kompak dan selama bersama,” katanya belum lama ini di Kaimana. 

Dewan juri lomba yospan, Barent Rumi mengatakan yospan merupakan tarian asli orang Papua sehingga harus ditampilkan dalam setiap even yang digelar di tanah Papua. 

Loading...
;

“Dengan kondisi waktu yang terus berputar dan perkembangan zaman, generasi kita sudah disibukkan oleh tarian-tarian modern. Ini (yospan) jati diri kita,” katanya. 

Ia pun mengharapkan generasi muda masa kini juga dapat mengambil bagian dalam mempertahankan dan menampilkan ciri khas Papua melalui tarian yospan ini.

Dari kegiatan tersebut keluar sebagai juara pertama Persit ranting Ramil Arguni, disusul Persit Ramil ranting Etna, dan juara ketiga Persit ranting satu Kodim 1713 Kaimana, sementara untuk juara harapan diraih Persit ranting Ramil kota. (Jacob Owen)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top