HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pertama kali dalam sejarah, Samoa rayakan kemerdekaannya lewat platform digital

kemerdekaan Samoa
Perayaan Kemerdekaan Samoa tahun 2019 lalu. - Samoa Observer/ Aufai Areta Areta
kemerdekaan Samoa
Perayaan Kemerdekaan Samoa tahun 2019 lalu. – Samoa Observer/ Aufai Areta Areta

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Apia, Jubi – Perayaan Hari Kemerdekaan Samoa yang ke-58 akan direkam dan disiarkan melalui berbagai platform digital Samoa, termasuk saluran-saluran  media sosial Pemerintah.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah negara itu, tidak akan ada parade dan upacara resmi seperti biasanya. Perayaan ulang tahun kemerdekaan ke-58 tahun ini ditetapkan sebagai hari libur nasional pada hari Senin, 1 Juni.

Upacara pengibaran bendera dan pidato kemerdekaan resmi dari Kepala Negara, Yang Mulia Tuimaleali’ifano Vaaletoa Sualauvi II, akan direkam sebelumnya dan disiarkan melalui televisi untuk dapat disaksikan oleh semua orang Samoa.

Pertama kali dalam sejarah, Samoa rayakan kemerdekaannya lewat platform digital 1 i Papua

Rencana itu diungkapkan oleh CEO Kementerian Perdana Menteri dan Kabinet, Agafili Shem Leo, dalam konferensi pers pada hari Selasa (26/5/2020). Ia menerangkan bahwa perubahan itu disebabkan oleh keadaan darurat pandemi virus korona.

“Dunia sedang ada dalam kegelapan akibat krisis kesehatan yang terjadi saat ini,” tuturnya. “Oleh karena itu, Kabinet telah memutuskan bahwa acara perayaan hari Kemerdekaan tahun ini semuanya akan disiarkan secara digital.”

Semua program akan direkam sebelumnya dan disiarkan lewat media sosial serta stasiun TV, mulai hari Minggu mendatang.

Tahun ini juga tidak akan ada pertunjukan tarian adat seperti setiap tahun sebelumnya.

Loading...
;

Komisaris Fire and Emergency Services (FESA) Samoa, Lelevaga Faafouina Mupo, berkata semua kelompok yang telah diundang untuk tampil pada perayaan kemerdekaan tahun ini telah diberitahu untuk bersiap-siap pada perayaan tahun 2021.

“Falefa, Tufulele, Fasitoo-Tai, dan Salelologa yang telah ditunjuk untuk menampilkan tarian dan lagu daerah mereka untuk perayaan kemerdekaan Samoa tahun ini harus tampil tahun depan,” katanya.

Senin telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dalam rangka merayakan peringatan kemerdekaan tersebut.(Samoa Observer)

Editor: Zely Ariane

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa