Follow our news chanel

Bersejarah, kali pertama Uncen wisuda online akibat Covid-19

papua covid-19 wisuda uncen
Mahasiswa asal Pegunungan Bintang, Papua mengikuti ibadah syukur usai diwisuda di Asrama Pemkab Pegunungan Bintang di Jayapura, Kamis (29/5/2020) –Tobias untuk Jubi.
papua covid-19 wisuda uncen
Mahasiswa asal Pegunungan Bintang, Papua mengikuti ibadah syukur usai diwisuda di Asrama Pemkab Pegunungan Bintang di Jayapura, Kamis (29/5/2020) –Jubi/ Dok. Tobias.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi  – Universitas Cenderawasih membuat catatan sejarah sejak didirikan 10 November 1962 atau 58 tahun silam.

Kali pertama kampus tertua di Tanah Papua tersebut melakukan wisuda secara online, bukan langsung seperti biasa. Ini terjadi pada wisuda Uncen Periode I Tahun Akademik 2019/2020, Kamis (29/5/2020).

“Mereka yang diwisuda sebanyak 706 wisudawan-wisudawati terdiri dari lulusan Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana, dan Program Diploma, mereka sedang memantau dari rumah saat dibacakan kelulusannya,” kata Ketua Senat Prof. Balthasar Kambuaya saat membuka Rapat Senat Periode I tahun akademik 2019/2020 di Auditorium Universitas Cenderawasih.

Kambuaya mengatakan, wisuda tersebut seharusnya dilakukan pada Maret 2020. Tetapi dengan adanya badai non alam Covid-19 membuat Uncen harus menunda dan sepakat untuk melakukan wisuda secara online atau daring.

“Wisuda hari ini keputusan bersama demi kepentingan bersama di tengah pandemi Covid-19 yang kami tidak tahu kapan akan berakhir, maka hari ini wisuda kami lakukan secara online (daring) demi mengantisipasi Pendemi Covid- 19,” ujarnya.

Kambuaya mengatakan, Uncen hari ini menggelar rapat terbuka senat Universitas Cenderawasih.  Wisuda kali ini begitu spesial bagi para wisudawan. Tetapi mereka tidak datang ke Auditorium Uncen melainkan hanya berada di depan komputer untuk mengikuti prosesi wisuda.

“Sebab dalam rangka mengikuti protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan berkumpulnya orang dalam jumlah banyak yang bisa mengakibatkan penyebaran Covid-19,” katanya.

Loading...
;

Rektor Uncen Apolo Safanpo mengatakan, dari 706 mahasiswa yang diwisuda terdapat tiga mahasiswa memperoleh tingkat kelulusan cumlaude.

“Kami mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati yang telah menempuh pendidikan di kampus yang kita cintai ini dengan prestasi yang membanggakan,” katanya.

Rektor berharap para mahasiswa yang secara resmi telah menyelesaikan pendidikan tinggi pada program doktor, magister, sarjana, dan diploma di Universitas Cenderawasih dapat membuktikan kiprahnya dalam masyarakat di bidangnya masing-masing.

“Semoga dengan kelulusan Saudara-Saudari dari jenjang pendidikan tinggi akan membuka kesempatan bagi saudara-saudari untuk membangun kehidupan sosial dan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Apolo Safanpo menyebutkan, dengan wisudawan baru total lulusan Universitas Cenderawasih 74.942 orang.

Ia juga menyinggung proses wisuda kali ini yang dilaksanakan di tengah suasana prihatin karena di tengah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan rapat senat terbuka dilakukan tidak seperti biasa.

“Karena itu atas nama pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Cenderawasih kami menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya, keputusan ini sangat berat bagi kami, tapi ini adalah jalan yang terbaik saat ini, yaitu menyelesaikan upacara wisuda secara online tanpa mengurangi makna dan keabsahan proses wisudah itu sendiri,” ujarnya.

Salah seorang wisudawan, Tobenus Taplo menceritakan mengikuti acara seremonial wisuda online menggunakan ‘smartphone’ di Asrama Pemerintah Kabupaten Pagunungan Bintang. Ia tidak mengenakan toga, tapi berpakaian bebas yang rapi.

“Puji Tuhan saya merasa bangga ketika nama saya disebutkan pihak kampus saat diwisuda,” ujarnya.

Wisudawan Fakultas Teknik yang berasal dari Kampung Kiwirok, Pegunngan Bintang tersebut juga tidak didampingi orang tua karena orang tuanya sedang di kampung. (*)

Editor: Syofiardi

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top