TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Pertemuan G7 diwarnai kepanikan saat delegasi India diketahui positif Covid-19

Papua
Ilustrasi pandemi Covid-19 - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pertemuan menteri luar  negara-negara G7 di London diwarnai kepanikan karena dua delegasi dari India dinyatakan positif Covid-19. Menteri Luar Negeri India dan timnya pun harus mengisolasi diri.

Tercatat India memang mengalami lonjakan kasus Covid-19 terparah di dunia. Namun delegasinya harus menghadiri G7 sebagai tamu dan akan mengikuti pertemuan pada Selasa malam dan sepanjang Rabu. “Diberitahu kemarin malam tentang kemungkinan kasus positif Covid,” kata Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di Twitter dikutip dari Reuters, Kamis, (6/5/2021).

Baca juga : Atasi lonjakan Covid-19, Jerman kirim oksigen ke India 

Hindari Covid-19, Jet pribadi di India ramai disewa 

WHO sebut situasi di India lebih dari sekedar menyedihkan

Akibat kejadian itu, kata Jaishankar, terpaksa mengikuti pertemuan G7 secara virtual. Seorang pejabat Inggris mengkonfirmasi dua tes positif dan mengatakan seluruh delegasi India mengisolasi diri. Selain itu memang aturan Inggris membutuhkan periode isolasi diri 10 hari.

Inggris menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri G7 selama tiga hari. Momentum itu merupakan acara G7 pertama dalam dua tahun yang dianggap sebagai kesempatan untuk memulai kembali diplomasi tatap muka dan kesempatan bagi Barat untuk menunjukkan persatuan melawan ancaman dari Cina dan Rusia.

Laporan menunjukkan delegasi India belum tiba di tempat pertemuan puncak utama di Lancaster House, sehingga acara yang dijadwalkan pada hari Rabu berjalan sesuai rencana. Sedangkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan  dia akan berbicara dengan Jaishankar via Zoom.

Pertemuan tersebut merupakan pendahulu dari KTT G7 yang akan berlangsung di sebuah resor pedesaan Inggris pada Juni, dengan Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya akan hadir. (*)

Editor : Edi Faisol

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us