Follow our news chanel

Previous
Next

Perubahan tipe Polda Papua Barat mesti diimbangi profesionalisme

Mapolda Papua Barat di Manokwari – Jubi/Pusdokkes Polri
Perubahan tipe Polda Papua Barat mesti diimbangi profesionalisme 1 i Papua
Mapolda Papua Barat di Manokwari – Jubi/Pusdokkes Polri

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas menyambut baik peningkatan status tujuh Kepolisian Daerah atau Polda di Indonesia salah satunya adalah Polda Papua Barat.

Akan tetapi Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti menyatakan perubahan status atau peningkatan tipe Polda Papua Barat dan enam Polda lainnya, dari tipe B menjadi tipe A mesti diimbangi meningkatnya profesionalisme anggota Polri yang bertugas di wilayah itu.

Pernyataan itu dikatakan Poengky Indarti melalui pesan singkatnya kepada Jubi, Jumat (17/4/2020).

Kata Poengky, selain Polda Papua enam Polda lain di Indonesia yang akan ditingkatkan statusnya, yakni Polda Maluku Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, dan Polda Bangka Belitung.

Kompolnas mengucapkan selamat dan sukses atas kenaikan tipe dari B menjadi A, namun peningkatan tipe Polda Papua Barat dan enam Polda lainnya jangan hanya disambut gembira karena naiknya pangkat menjadi satu tingkat lebih tinggi.

“Melainkan juga harus diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja pimpinan dan anggota dalam melayani, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat agar semakin baik di wilayahnya,” kata Poengky.

Loading...
;

Selain itu menurutnya, Polda yang naik tipe tersebut harus meningkatkan jumlah dan kapasitas Sumber Daya Manusia, melengkapi sarana dan prasarana, serta pemenuhan anggaran.

Secara bertahap diharapkan dapat melengkapi pembangunan Polsek atau Polres yang masih kurang, agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

“Saya berharap Polda Papua Barat dalam waktu dekat sudah dapat membangun Sekolah Polisi Nasional Polda Papua Barat agar kebutuhan SDM dapat segera terpenuhi. Peningkatan tipe Polda ini akan dievaluasi secara berkala. Jika ternyata dalam pelaksanaan tugas-tugasnya dianggap kurang maksimal, maka memungkinkan tipenya akan diturunkan,” ujarnya.

Kata Poengky, peningkatan tipe Polda yang memiliki wilayah laut yang luas dan banyak pulau-pulau seperti Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, dan Polda Sulawesi Tenggara, diharapkan dapat lebih baik lagi dalam pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat di pulau terpencil, agar mereka merasakan kehadiran aparat kepolisian dan merasa lebih terlindungi.

“Jika terjadi gangguan atau gesekan di masyarakat, maka kehadiran anggota kepolisian secara cepat akan dapat mencegah terjadinya konflik sosial. Saya berharap kerja keras dan semangat dari pimpinan juga anggota tujuh Polda yang akan dinaikkan tipenya tersebut, agar masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari naiknya tipe Polda itu,” ucapnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan Polri telah menerbitkan Surat Telegram untuk menaikkan tipe tujuh Polda, yang kini merupakan Polda tipe B.

Dikutip dari Antara, terhitung sejak 22 April 2020, Polda Papua Barat dan Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, ‎Polda Gorontalo, serta Polda Maluku Utara  akan naik menjadi Polda tipe A.

“Benar, Mabes Polri keluarkan Surat Telegram Nomor 1189 tahun 2020. Ada tujuh Polda dinaikkan tipenya dari B menjadi A,” ujar Brigjen Argo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Menurutnya, pertimbangan Mabes Polri menaikkan tipologi tujuh Polda ini karena besarnya luas wilayah dan tingginya tingkat kriminalitas di daerah tersebut. Peningkatan tipologi polda ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Dengan naiknya status tujuh polda itu, nanti kapoldanya dijabat oleh bintang dua, Irjen bukan Brigjen lagi. Selanjutnya wakapolda dan pejabat utama mengikuti (pangkatnya),” ucapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top