Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua-pekerja-covid19-perusahaan
ilustrasi Pekerja di rumah produksi cokelat, Koperasi Eiber Suth Cokran Ransiki kabupaten Mansel. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Perusahaan di Kota Jayapura diminta utamakan pekerja di masa Covid-19

Papua No.1 News Portal

Jayapura, JubiDinas Tenaga Kerja Kota Jayapura mengimbau perusahaan baik berskala mikro, kecil, menengah agar tetap mengutamakan pekerja di masa pandemi Covid-19.

“Pekerja ini sangat berperan penting dalam semua proses produksi, kalau pekerja tidak dilindungi oleh perusahaan maka produktivitas perusahaan akan menurun,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (20/11/2020).

Menurut Naa, penyebaran Covid-19 saat ini sudah masuk tahap klaster perkantoran. Bila tidak diberikan perlindungan secara optimal, maka akan lebih banyak lagi pekerja di Kota Jayapura yang terpapar Covid.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan tenaga kerja. Kita bisa lihat di kota besar seperti Jakarta, kebanyakan klaster baru itu, timbul dari perusahaan atau kantor,” ujar Naa.

Selain itu, Naa mengimbau kepada perusahaan agar memberlakukan jam shift kepada pekerja, sehingga memberikan waktu untuk melakukan prosedur disinfektan  tempat kerja saat pergantian jam kerja.

“Tantangan perusahaan saat new normal ini, yaitu perusahaan dilema untuk memperkerjakan pekerjanya karena minimnya penghasilan dan kalau mau melakukan PHK maka perusahaan wajib membayar pesangon,” ujar Naa.

General Manager Hotel Horison Kotaraja, Eddy Soenarno Soejaningrat, mengaku memprioritaskan penerapan protokol di masa pandemi Covid-19, dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan sehari tiga kali.

Loading...
;

“Kami ingin pekerja kami yang jumlahnya ada 100 orang ini sehat, aman, dan selamat karena sebagian memiliki keluarga,” ujar Soejaningrat.

Selain itu, dikatakan Soejaningrat, menjaga keselamatan dan kesehatan setiap tamu agar tidak terpapar covid, juga menjadi prioritas utama sehingga hotel tidak menjadi tempat penularan Covid-19.

“Kami tempat petugas di setiap pintu masuk untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, kami tempatkan tempat cuci tangan, dan hand sanitizer. Kami bersyukur tidak ada pekerja kami yang dirumahkan,” ujar Soejaningrat. (*)

Editor: Syam Terrajana

Scroll to Top