HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Penumpang Hercules yang tiba di wamena dipulangkan ke tempat asalnya

Pesawat Hercules yang membawa penumpang dari luar Wamena saat tiba di Apron Alfa Bandara Wamena - Jubi/IST

 

Pesawat Hercules yang membawa penumpang dari luar Wamena saat tiba di Apron Alfa Bandara Wamena – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pesawat Hercules milik TNI AU dari Biak-Timika ditemukan membawa 10 orang penumpang dan transit di Bandara Wamena, Sabtu (4/4/2020), sekitar pukul 08.45 WP.

Komandan Detasemen Pangkalan TNI AU Wamena, Mayor Penerbang Arief Sudjatmiko, saat dikonfirmasi di Apron kargo Bandara Wamena, menjelaskan dari 10 orang penumpang tersebut, dua di antaranya merupakan anggota TNI AD dari Koops Pinang Sirih Timika yang hendak berkoordinasi dengan Kodim 1702/Jayawijaya terkait pergeseran pasukan.

Sedangkan delapan orang lainya merupakan warga sipil yang diberangkatkan dari Biak ke Timika lalu ikut ke Wamena dengan tujuan Sentani.

“Tetapi ada dokumen yang kurang lengkap sehingga dilakukan karantina terlebih dulu dan dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Setelah itu, mereka dikembalikan lagi ke Timika dan Biak,” jelas Arief.

Ia mengatakan setelah melalui proses karantina di terminal Bandara Wamena dan setelah pesawat Hercules berikutnya landing, sepuluh orang tersebut langsung dikembalikan.

Loading...
;

“Jadi tidak yang ada tujuan Wamena hanya dua orang TNI AD itu untuk koordinasi dengan Dandim. Di mana saat datang, pesawat sekaligus membawa logistik bagi kebutuhan anggota TNI di Batalyon 756, 721, dan 305 yang ada di wilayah Wamena. Sedangkan delapan penumpang sipil ini kami tidak tahu jika ada mereka di dalam pesawat yang datang itu,” katanya.

Para penumpang yang ikut dalam penerbangan Hercules ke Wamena saat hendak dikembalikan setelah dilakukan karantina di terminal Bandara Wamena – Jubi/Islami

Sementara, Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, mengatakan tidak adanya komitmen dari pihak TNI AU atas apa yang telah disepekati bersama dalam rapat bersama Forkopimda khususnya di Jayawijaya.

Apalagi, kata Banua, edaran gubernur juga jelas menginstruksikan jika wilayah adat Lapago hingga 9 April 2020 tidak diperbolehkan arus penumpang keluar masuk selama penutupan bandara, agar benar-benar steril dari penularan Covid-19.

“Makanya kami minta seluruh penumpang dikembalikan ke daerah asal, tidak ada yang turun di Wamena atau Sentani sekalipun. Saya harap juga pihak TNI AU harus paham bagaimana tanggung jawab kita di daerah masing-masing,” kata Banua.

Bahkan bupati menyebut jika para penumapang yang ikut di pesawat tersebut sempat dilepas di lokasi kargo berkeliaran begitu saja, padahal di Timika sendiri sejauh ini sudah ada satu pasien Covid-19 yang meninggal.

“Kita di seluruh Papua ini kan akses penerbangan dan kapal laut telah ditutup, tetapi kenapa masih bisa lolos seperti sekarang ini. Untuk itu saya harap supaya benar-benar tidak kembali lolos seperti hari ini,” katanya.

“Pemerintah daerah juga berterima kasih kepada TNI-Polri, kepala bandara, dan juga seluruh staf dalam melakukan pengawasan selama masa penutupan bandara ini,” sambungnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Judul artikel ini telah diganti. Artikel ini sebelumnya berjudul Pesawat Hercules kedapatan bawa penumpang ke Wamena.

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa