Peserta tes Bintara Noken Polri adukan kejanggalan seleksi ke DPRP Papua Barat

Peserta seleksi Bintara Noken Papua Barat
Puluhan putra-putri asli Papua peserta seleksi Bintara Polri program afirmasi Otsus Papua Barat saat menyampaikan kejanggalan tahapan seleksi kepada pimpinan DPRP Papua Barat, Kamis (17/6/2021) - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Puluhan peserta seleksi Bintara Polri program afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua Barat atau Bintara Noken tahun 2021, menyambangi pimpinan DPR Provinsi Papua Barat (DPRP PB) di salah satu tempat kegiatan lembaga itu di Manokwari, Kamis (17/6/2021).

Di hadapan pimpinan DPRP PB, puluhan putra-putri asli Papua (OAP) ini menyampaikan sejumlah kejanggalan yang mengakibatkan mereka dinyatakan tak lulus pada tahapan seleksi yang tengah berjalan saat ini.

“Saya tidak lulus tes kesehatan karena divonis punya riwayat sakit bawaan oleh tim kesehatan panitia,” ujar salah satu perserta wanita yang enggan namanya dipublikasikan.

Dia mengakui bahwa hasil tes kesehatan panitia seleksi justru tak sama dengan hasil tes salah satu rumah sakit (RS) swasta yang melakukan diagnosa terhadap kondisi ksehatan peserta ini.

“Karena dinyatakan tidak lulus tes kesehatan, saya periksa kembali di salah satu rumah sakit swasta di Manokwari. Hasilnya saya sehat tanpa riwayat sakit bawaan,” ujar peserta wanita ini sambil menunjukkan bukti hasil pemeriksaan kepasa pimpinan DPRP PB.

Baca juga: Bintara Noken Polri diharap minimalisir pasukan nonorganik di Papua

Selanjutnya, Ketua DPRP PB, Orgenes Wonggor, mengatakan bahwa aspirasi ini segera ditindaklanjuti melalui rapat internal lembaga tersebut.

Loading...
;

“Kami segera bentuk tim untuk melakukan verifikasi kembali peserta seleksi khusus anak-anak asli Papua yang dinyatakan tak lulus,” ujar Wonggor.

Diapun tak menampik bahwa telah menerima laporan tentang dugaan ‘peserta titipan’ dalam seleksi Bintara Polri program afirmasi Otsus 2021 tersebut.

“Saya juga sudah terima laporan, kalau ada oknum-oknum peserta titipan. Ini pun akan kami verifikasi ke panitia dan MRPB,” katanya.

Peserta seleksi Bintara Noken Papua Barat
Puluhan putra-putri asli Papua peserta seleksi Bintara Polri program afirmasi Otsus Papua Barat saat menyampaikan kejanggalan tahapan seleksi kepada pimpinan DPRP PB, Kamis (17/6/2021) – Jubi/Hans Arnold Kapisa

Wonggor mempersilakan puluhan peserta tak lulus itu agar menyiapkan data berdasarkan asal (kuota) kabupaten/kota agar diverifikasi pula.

“Intinya, DPRP sebagai pengetok palu anggaran Otsus untuk membiayai kegiatan seleksi ini tidak dilibatkan secara langsung dalam kepanitiaan,” pungkas Wonggor. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top