Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pesona Pantai Hejnuck di hutan perempuan Kampung Enggros

Pantai Hejnuck Papua
Pantai Hejnuck di sekitar Tanjung C'beery, Kota Jayapura - Jubi/Timo Marten

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pantai Henuck di Tanjung C’beery atau Tanjung Kasuari, Kota Jayapura, Papua, kini menggeliat. Letaknya yang tak jauh dari Jembatan Youtefa membuat siapa pun bisa mengaksesnya, menjadi destinasi wisata baru di Papua.

Luasnya yang setara lapangan bola kaki terasa seperti halaman rumah, sehingga menjadi tempat bermain, berefleksi, dan bermandi ria, atau bahkan untuk spot foto pre-wedding. Gelombang yang bergemuruh membuat suasana ketenangan seperti sedang bermeditasi dan menyatu dengan Lautan Teduh atau Samudra Pasifik, bahkan tak ditemukan sampah.

Bila berdiri menghadap ke utara, maka tampak jembatan Youtefa berdiri angkuh. Itulah jembatan yang mempertemukan Hamadi dan Kampung Enggros, hingga Pantai Holtekamp di Distrik Muara Tami.

Pesona Pantai Hejnuck di hutan perempuan Kampung Enggros 1 i Papua

Tak hanya itu, pohon-pohon kelapa, kasuari (cemara laut), pandan, dan bakau yang ditiup manja oleh angin laut membuat suasana semakin sejuk. Apalagi pemiliknya menyediakan para-para (tenda), kursi rotan, kursi malas, toilet, tulisan-tulisan motivasi dan bahasa khas Hawaii, aloha, bahkan tempat mencuci tangan dan deterjen saat pandemi.

Baca juga: Youtefa, teluk indah yang masih bernoda sampah

Kepala Kampung Enggros, Origenes Meraudje kepada Jubi, Selasa (28/7/2020) mengatakan, hejnuck artinya tempat pembawa berita, dari kata hej (berita) dan nuck (tempat) atau bawa berita ke tempat ini. Siapa pun yang mengunjungi pantai ini seperti pembawa berita. “Dia pembawa berita seperti kalian (jurnalis),” kata Meraudje.

Meski baru dikelola, Meraudje boleh bernapas lega karena pendapatan per minggu terbilang fantastis. Pengelola boleh meraup Rp 1 – 4 juta dari pengunjung.

Loading...
;

Setiap pengunjung tak dipungut retribusi dan parkir, tetapi dikenakan biaya memfoto Rp 20 ribu karena menggunakan fasilitas yang disediakan pengelola, dan jasa toilet  Rp 10 ribu.

Pantai Hejnuck berada di pesisir hutan bakau atau hutan perempuan. Warga Enggros, Ani Jouwe mengatakan hutan perempuan dikhususkan bagi perempuan di Kampung Enggros dan Tobati, masyarakat adat Papua yang merupakan orang asli Kota Jayapura.

Di hutan perempuan, para perempuan Enggros mencari kerang (bia), memberi nasihat kepada anak-anak perempuan, dan tempat mencari kayu bakar. Tempat ini juga dijadikan tempat bagi mama-mama mentransfer ilmu atau pengalaman kepada anak-anak perempuannya, bahkan para pria dilarang ke hutan ini.

Para pria yang melanggar dan serobot masuk ke hutan perempuan, maka akan dikenakan denda adat. “Dulu kami cari bia di situ, dan perempuan memyumbangkan makanan dan lauk bila ada pesta di kampung,” kata Mama Ani.

Laut yang bersih dari sampah akan menjamin Teluk Youtefa tetap indah. Mama Ani berharap agar warga Kota Jayapura tetap menjaga kebersihan, sehingga tidak mencemari laut. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top