Pesparani diharapkan jadi pembinaan kerukunan umat beragama di Papua

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, saat diwawancarai - Jubi/Alex
Pesparani diharapkan jadi pembinaan kerukunan umat beragama di Papua 1 i Papua
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, saat diwawancarai – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua berharap Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik pertama se-Papua di Bumi Cenderawasih tidak hanya sebatas untuk meningkatkan ketakwaan umat kepada Tuhan, tetapi juga menjadi pembinaan kerukunan umat beragama.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, mengatakan terselenggaranya Pesparani di Papua menunjukkan Bumi Cenderawasih merupakan tanah damai.

“Kasih menembus perbedaan merupakan prinsip dasar pemerintah Papua,” ujarnya.

Ia tekankan kerukunan dan toleransi beragama di Papua terpatri pada semua aspek birokrasi dan kehidupan lainnya, yang mana terakomodir dari semua perbedaan menjadi satu kesatuan di atas tanah ini.

“Adanya Pesparani di Papua menjadi satu pergerakan positif di atas Tanah Papua,” katanya.

Hery Dosinaen menambahkan Gubernur Papua Lukas Enembe sejak kepemimpinan periode pertama yakni 2013-2018 dan periode kedua 2018 hingga periode 2021, telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mencakup aspek terkait.

Loading...
;

“Jadi Pemprov Papua tidak hanya membina atau memberi bantuan dalam ajang pelaksanaan Pesparani, namun sebelumnya juga sudah membina Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), hingga untuk Hindu dan Budha,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Suara Gerejani Katolik (LP3K) Provinsi Papua, F.X Mote, mengatakan Pesparani se-Papua akan digelar di Kota Jayapura pada 14 sampai dengan 18 November 2019, dan akan diikuti 29 kabupaten/kota.

“Saya berharap umat Katolik sama-sama berkumpul, memuji dan membesarkan nama Tuhan, dan juga menjalin hubungan silaturahmi satu dengan yang lain. (Baik dengan) umat Katolik di Papua, tapi juga (dengan) umat-umat lain yang ada di Papua,” kata Mote.

Ia menjelaskan Pesparani merupakan turunan dari Pesparani Nasional pertama yang digelar di Ambon pada 27 Oktober hingga 2 November 2018 lalu.

“Kini saatnya kami melaksanakan Pesparani Papua 1. Kali ini Wali kota Jayapura, Benhur Tomy Mano, ditunjuk sebagai ketua panitia,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top