Follow our news chanel

Previous
Next

Petani harap Pemkab Merauke tunaikan janji pembelian beras

Papua
Aksi protes petani di Merauke, Senin (28/9/2020) - Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, JubiPara petani sangat berharap Pemerintah Kabupaten Merauke segera memenuhi janji untuk menampung beras lokal setempat. Janji itu diucapkan Wakil Bupati Sularso sewaktu menerima aksi unjuk rasa petani, tiga hari lalu.

“Kami berharap itu tidak sekadar janji. Pemerintah harus peduli dan bertanggung jawab terhadap nasib petani,” kata Hendrikus Sareng, petani Kampung Hidup Baru, Distrik Tanah Miring saat ditelepon Jubi, Kamis (1/10/2020).

Dia mengatakan petani telah mengeluarkan biaya besar untuk mengolah lahan padi hingga hasilnya bisa dipanen. Akan tetapi, hasil panen tersebut sekarang tidak lagi bisa dinikmati karena Bulog Merauke menolak membeli beras mereka. Bulog hanya bersedia membeli dalam bentuk gabah kering giling (GKG) yang harganya lebih rendah ketimbang beras.

“Dana yang dibutuhkan untuk mengolah lahan hingga panen mencapai Rp5 juta setiap hektare. Kami juga telah bekerja keras, tetapi gabah sekarang menumpuk di rumah (akibat Bulog menolak membeli beras dari petani),” jelas Sareng.

Sareng mengelola lahan padi seluas 3 hektare. Dia mengaku mengalami kesulitan ekonomi lantaran hasil panen tidak bisa dijual dari sejak musim tanam sebelumnya.

“Gabah hasil panen pada musim rendengan hingga gadu (masa tanam kedua) tidak kunjung digiling (dijadikan beras). Bulog tidak bersedia menyerap (membeli beras),” ujarnya.

Kepala Bulog Subdivisi Regional Merauke Djabiruddin mengatakan mereka hanya menjalankan ketentuan dari kantor pusat. Namun, dia mengaku telah melaporkan aspirasi para petani setempat kepada atasan mereka di Jakarta.

Loading...
;

“Saya tidak berwenang memutuskannya. Itu merupakan ketentuan dari (Bulog) pusat dan sampai saat ini belum ada perintah untuk menyerap (membeli kembali) beras (dari petani),” kata Djabiruddin, beberapa waktu lalu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top