Peter Gossage Tutup Usia

Salah satu karya Peter GossageThe Giant Of Lake Wakatipu - penguin.co.nz
Salah satu karya Peter GossageThe Giant Of Lake Wakatipu – penguin.co.nz

Jayapura, Jubi – Penulis dan illustrator legendaris suku Maori, Peter Gossage meninggal dunia pada usianya yang ke-69 pada 30 Juli lalu di Selandia Baru. Gossage dianggap sebagai penulis yang berhasil mempopulerkan kebudayaan Maori melalui karya-karyanya.

Selama hidupnya, ia menulis lebih dari 20 buku anak-anak yang diilhami mitologi Maori termasuk di antaranya yaitu “How Maui Slowed the Sun” dan “Pania of the Reef”. Dikutip dari laman berita radionz.co.nz pada Selasa 2 Agustus 2016, direktur penerbit Penguin Random House, Debra Millar menyebut Gossage sebagai perintis penulisan cerita-cerita Maori dan mampu membawanya dalam kenyataan hidup para pembacanya dengan menggunakan teknik ilustrasi grafis dan dongeng sederhana.

Menurut Millar, sangat sulit menemukan warga Selandia Baru yang tidak mengenal karya-karyanya. “Saya sedih sekali, dia mendapat tempat khusus di dalam sastera anak-anak Selandia Baru. Karya-karyanya akan terus hidup. Tiada yang bisa menandingi dia,” ujarnya.

Gossage memulai karirnya sebagai desainer grafis pada sebuah perusahaan periklanan. Karya ilustrasinya tentang motif Maori sangat mencuri perhatian para penerbit saat itu. Sejak tahun 1970, ia menulis buku dongeng anak-anak. Hingga saat ini, ungkapan belasungkawa dari berbagai penjuru negeri di Selandia Baru masih terus berdatangan bagi sang legendaris. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top