HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Petugas imigrasi Kepulauan Solomon ditangguhkan karena langgar aturan

Tiga petugas imigrasi Kepulauan Solomon ditangguhkan karena membiarkan penumpang dari negara-negara yang dilarang untuk memasuki Kepulauan Solomon. – Solomon Star/ Andrew Fanasia

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Tiga petugas imigrasi Kepulauan Solomon ditangguhkan karena melanggar peraturan yang diberlakukan, untuk membatasi masuknya orang yang pernah ke negara-negara dimana kasus virus corona telah dikonfirmasikan.

Dilaporkan, petugas-petugas yang ditangguhkan adalah Wakil Direktur Imigrasi, Chris Akosawa, dan dua pegawai lainnya Thomas Tego dan Selwyn Ramoni.

Informasi ini dibenarkan oleh sumber yang dapat dipercaya dalam lingkaran pemerintah pada Kamis (13/2/2020).

Menurut sumber dalam pemerintah, mereka ditangguhkan oleh Core Ministries Coordinating Committee (CMCC) di bawah Kantor Perdana Menteri. Komite ini sendiri terdiri dari sekretaris-sekretaris tetap dan pejabat-pejabat tinggi lainnya dari kementerian-kementerian utama pemerintahan.

Ketika surat kabar Solomon Star meminta informasi lebih lanjut, salah satu sumber pemerintah mengatakan, bahwa ketiga pegawai ini dilaporkan telah mengizinkan penumpang dari negara-negara yang dilarang, untuk memasuki Kepulauan Solomon. Tidak dijelaskan berapa banyak penumpang dan dari negara mana.

Pada 31 Januari, Menteri Perdagangan, Perindustrian, Ketenagakerjaan, dan Imigrasi, Clezy Rore telah menandatangani dan mengumumkan peraturan mendesak yang membatasi masuknya setiap orang yang pernah ke negara-negara, dimana kasus virus corona telah dikonfirmasikan.

Loading...
;

Di bawah peraturan tersebut, jika ada orang, yang selama 14 hari sebelum tiba di Kepulauan Solomon, sempat berada di negara di mana ada kasus virus corona telah dikonfirmasikan, ia tidak akan diizinkan masuk ke negara itu dan akan diminta untuk kembali ke negara darimana mereka datang, atau ditahan dan karantina.

Upaya untuk berbicara langsung dengan petugas yang ditangguhkan gagal. Namun petugas lainnya dari Kementerian Perdagangan, Perindustrian, Ketenagakerjaan, dan Imigrasi membenarkan bahwa mereka tahu mengenai penangguhan tersebut.

Sementara itu, masih terlalu dini untuk mendapatkan kejelasan berapa lama penangguhan dan penyelidikan akan berlangsung (Solomon Star News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top