HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Petugas kesehatan diminta lebih dekat dan melayani masyarakat

Peresmian Puskesmas Sinak, Agandugume, Wangbe, dan Gome, di kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Sabtu (30/11/2019). - Jubi/Hengky Yeimo
Petugas kesehatan diminta lebih dekat dan melayani masyarakat 1 i Papua
Peresmian Puskesmas Sinak, Agandugume, Wangbe, dan Gome, di kampung Gigobak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Sabtu (30/11/2019). – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sinak, Jubi – Bupati Puncak Willem Wandik menegaskan kepada petugas kesehatan di Sinak, Wangbe, Agandugume, Gome agar memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Puncak Willem Wandik saat meresmikan Puskesmas Sinak, Agandugume, Wangbe, dan Gome di Kampung Gigobak, Distrik Sinak, Puncak, Papua, Sabtu (30/11/2019).

Wandik mengatakan, bangunan kesehatan yang begitu mewah dibangun dengan biaya yang besar. Tapi, apabila pelayanan kesehatannya tidak bagus, sama saja. Wilem juga menegaskan kepada petugas kesehatan agar melayani masyarakat dengan penuh tanggungjawab. “Pelayanan  yang baik kepada masayarakat adalah bagian dari amanah dalam memuliakan nama Tuhan,” katanya.

Petugas kesehatan diminta lebih dekat dan melayani masyarakat 2 i Papua

Wandik mengatakan, pelayanan itu harus bisa memberikan yang baik kepada masyarakat yang sakit. “Semoga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat terpencil yang ada di kampung kampung,” katanya.

Wandik juga berjanji akan menambah tenaga kedokteran yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di Puncak, khususnya Sinak. “Dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan dokter anak. Negara hadir di setiap provinsi. Ini tanggungjawab kami. Kami minta agar [para tenaga kesehatan] melayani masyarakat,” katanya.

Wandik mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam proses pembangunan, agar pembangunan bisa berjalan dengan baik di wilayahnya. “Kepala Dinas Kesehatan Puncak, Kepala Distrik Sinak, Kepala Puskesmas Sinak, serta tokoh agama, tokoh masyarakat yang berkomitmen menerima pembangunanan demi pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Puncak, Demus Wenda mengatakan pembangunan puskesmas di keempat wilayah itu bersumber dari anggaran Pemerintah Kabupaten Puncak tahun 2018. “Dari keempat puskesmas yang dibangun, kualitas bangunannya sama. Ada Unit Gawat Darurat, ada apotek, fasilitas rawat inap, rawat jalan, administrasi, ruang bersalin, dan lainnya,” katanya.

Wenda mengatakan, tiga puskesmas sudah bisa layak pakai. Sementara perkembangan pembangunan satu puskesmas lainnya baru mencapai 85 persen dari target pengerjaan, karena faktor keamanan dan kondisi geografis yang sulit dijangkau.

Wenda mengatakan empat puskesmas itu akan menjadi tempat pelayanan kesehatan dengan fasilitas yang memadai. Jika terjadi kasus yang tidak bisa ditangani oleh keempat puskesmas itu, Dinas Kesehatan Puncak akan merujuknya ke rumah sakit yang lebih memadai. “Sebagai penanggungjawab kami akan awasi empat puskesmas [itu agar] bisa berjalan dengan baik. Tahun berikut bisa berjalan dengan baik,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top