Follow our news chanel

Previous
Next

Petugas kesehatan tidak harus di rumah sakit

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura saat menyerahkan piagam penghargaan yang diterima Kabupaten Jayapura sebagai Dinas Kesehatan terbaik se Papua dalam pelayanan kesehatan kepada Bupati Jayapura - Jubi/Engel Wally
Petugas kesehatan tidak harus di rumah sakit 1 i Papua
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura (kanan) saat menyerahkan piagam penghargaan yang diterima Kabupaten Jayapura sebagai Dinas Kesehatan terbaik se Papua dalam pelayanan kesehatan, kepada Bupati Jayapura (kiri) – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan petugas kesehatan yang disiagakan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau puskesmas pembantu (pustu) di setiap kampung-kampung di Kabupaten Jayapura, tidak harus bertugas dan berada hanya di dalam ruangan atau gedung PKM atau pustu tersebut.

Hal ini berdampak dari adanya laporan dan keluhan masyarakat terkait minimnya tenaga kesehatan di setiap kampung yang sudah diberi tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas pelayanan kesehatan.

“Masyarakat harus pastikan dengan baik, apakah memang petugas tersebut tidak masuk kerja atau sedang melaksanakan tugas pelayanan di setiap rumah-rumah warga,” ujar Lie, saat ditemui di Sentani, Kamis (9/1/2020).

Dikatakan, petugas kesehatan di setiap PKM dan pustu sudah ada jalur kerja masing-masing dengan tanggung jawab diberikan. Sehingga, sangat dini sekali kalau dikatakan petugas tidak di tempat.

“Ada petugas yang dari rumahnya tidak langsung ke kantor, dan menuju rumah warga untuk melayani. Koordinasinya sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Menurutnya, petugas kesehatan di PKM tidak semua harus ada di kantor menunggu pasien, bisa juga langsung ke tengah masyarakat atau melayani pasien di setiap rumah yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Loading...
;

“Kecuali yang di rumah sakit umum, tugasnya di dalam ruangan dan menunggu pasien,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring, mengatakan hal tersebut harus dapat dipastikan oleh dinas yang bersangkutan.

“Keluhan warga harus disinkronkan dengan kehadiran petugas setiap saat, apakah benar petugasnya bekerja atau tidak,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top