Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Petugas medis tetap diminta disediakan di Korowai

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Danowage, Jubi – Kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan di Korowai sangat tinggi, namun pelayanan kesehatan dari pemerintah tidak ada.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kopkedat Papua, Yan Akobiarek kepada Jubi, Rabu, (18/10/2017), di Korowai.

Petugas medis tetap diminta disediakan di Korowai 1 i Papua

"Banyak orang sakit di sini, baik penyakit yang berat seperti malaria, kurang gizi, dan TBC, namun tidak ada penanganan serius. Jika ada, itu pun dari pelayanan gereja dan diambil sendiri oleh penginjil Burukmahkot, Nataber Alia," sampainya.

Lanjutnya, jika mengobati warga, penginjil harus menempuh perjalanan lewat sungai menggunakan perahu selama 1 sampai 2 hari, untuk tiba di Yahukimo. Setelah mengambil obat, mereka pulang lagi ke kampung.

"Namun obat yang diberikan biasanya sudah kedaluarsa. Kami temui kasus itu 2016 lalu. Yang menjadi kendala selama ini juga transportasi, untuk melakukan pelayanan pengobatan di kampung-kampung di Korowai," jelasnya.

Sementara itu penginjil Gereja Reformasi Papua (GJRP), Nataber Alia, mengatakan di Kampung Burukmahkot meski ada Pustu dan rumah tenaga medis yang dibangun 2013 dan 2017, namun sampai saat ini belum ditempati. Bangunan itu dibuat pemerintah daerah Yahukimo.

Loading...
;

"Ada satu Pustu dan dua bangunan rumah sehat untuk petugas, namun sampai saat ini belum ditempati dan Pustu juga kosong, jadi saya sendiri harus jalan kaki dan ambil obat di Yahukimo," katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top