Follow our news chanel

PGRI selisik dugaan pungli terhadap guru honor

Papua
Anggota PGRI Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.
PGRI selisik dugaan pungli terhadap guru honor 1 i Papua
Anggota PGRI Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jayapura menyelisik dugaan praktik pungutan liar (pungli) terhadap guru honor di Distrik Demta, dan Distrik Kaureh. Pelaku ditengarai menjanjikan pengangkatan guru honor menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Kami telah mendapat informasinya. Oknum guru tersebut (terduga pelaku) meminta uang sebesar Rp1 juta (kepada setiap guru honor) untuk pemberkasan dokumen (pengangkatan ASN),” kata Ketua PGRI Jayapura Jimmy Fitowin, Kamis (16/1/2020).

Fitowin mengaku mereka sedang mengumpulkan bukti-bukti tambahan untuk mengungkap dugaan praktik culas yang mengatasnamakan PGRI tersebut. Mengingat, kasus serupa pernah terjadi pada pertengahan tahun lalu. Setiap guru honor diminta menyetor sebesar Rp500 ribu untuk pengurusan pengangkatan menjadi ASN.

Fitowin menegaskan PGRI tidak pernah memerintahkan anggota mereka mengumpulkan dokumen atau pemberkasan pendaftaran guru honor menjadi ASN. Karena itu, dia berharap pihak penegak hukum juga mengusut dugaan pungli tersebut karena merupakan tindakan pidana.

“PGRI tidak punya hak melakukan perekrutan pegawai negeri karena hanya sebatas mitra kerja pemerintah. Kami juga berharap pihak keamanan (penegak hukum) menjemput bola (proaktif) untuk (mengusut) kasus yang mengarah kepada (tindak) pidana,” katanya.

Michael Lensru, guru honor di Distrik Sentani mengaku pernah mendengar informasi  perekrutan ASN dengan menyetorkan sejumlah uang untuk pemberkasan dokumen. Namun, dia tidak tergiur.

Loading...
;

“Saya selalu koordinasi (menanyakan) ke dinas (pendidikan). Soal pengangkatan guru honor menjadi pegawai negeri, pasti ada informasi (resmi) dari dinas pendidikan,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top