TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

PH Victor Yeimo terus menagih hasil pemeriksaan kesehatan kliennya

Direktur LBH Papua
Direktur Lembaga Bantuan Hukum Papua, Emanuel Gobay - Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga delapan hari berlalu sejak tim Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Jayapura memeriksa kondisi kesehatan juru bicara internasional Petisi Rakyat Papua, Victor Yeimo yang masih di tahanan, tim penasehat hukum Victor Yeimo belum menerima hasil pemeriksaan kesehatan itu. Tim penasehat hukum Victor Yeimo terus menagih hasil pemeriksaan klien mereka itu.

Koordinator Litigasi Koalisi Penegak Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Emanuel Gobay mempertanyakan mengapa pihaknya tidak kunjung menerima salinan hasil pemeriksaan kesehatan Victor Yeimo. “Saya belum dapat hasil pemeriksaan tanggal 10 Agustus 2021,” kata Gobay saat dihubungi Jubi pada Rabu (18/8/2021).

Gobay menyatakan tim dokter RSUD Jayapura pada Selasa (10/8/2021) pekan lalu telah memeriksa kondisi kesehatan Victor Yeimo yang ditahan karena dijadikan tersangka dalam perkara demonstrasi anti rasisme Papua pada tahun 2019. Menurut Gobay, tim dokter itu juga mengambil sampel darah, urine, dan tes usap antigen COVID-19.

Baca juga: Ribuan masyarakat Yahukimo minta pembebasan Victor Yeimo

Tim yang sama juga melalukan rontgen dan CT Scan untuk memastikan kondisi kesehatan juru bicara internasional Komite Nasional Papua Barat itu. Gobay tidak mengetahui alasan tim dokter RSUD Jayapura merahasiakan hasil tes klien mereka itu.

Jubi telah berupaya menghubungi lagi dokter pemeriksa Yeimo, Dr Grace Daimboa Sp PD melalui layanan pesan singkat. Layanan pesan singkat Jubi telah terkirim, namun tidak dibalas oleh Daimboa.

Pada Jumat (13/8/2021) pekan lalu, Daimboa sempat menjelaskan bahwa hasil uji laboratorium sampel darah dan urine Yeimo telah ada. “Hasil pemeriksaan fisik sudah, hasil laboratorium baru selesai. Akan disampaikan ke pasien,” Daimboa pada Jumat pekan lalu.

Saat itu Daimboa menjelaskan pihaknya terikat kode etik untuk merahasiakan hasil pemeriksaan kesehatan pasien, dan menyarankan Jubi untuk menanyakan hasil pemeriksaan itu kepada Victor Yeimo. “Saya memang dokter yang memeriksa, namun saya tidak bisa membagikan informasi kesehatan pasien yang saya periksa ke siapapun, kecuali pasien itu sendiri,” ujarnya pada Jumat pekan lalu. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us