Pilkada 2020, keponakan SBY unggul di Kabupaten Pacitan

Papua-pilkada-2020
Pilkada Serentak 2020 - Jubi/Dok

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Keponakan mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) unggul telak di Pilkada Pacitan 2020 dalam perhitungan sementara Sirekap di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tercatat keponakan SBY Indrata Nur Bayu Aji, maju Pilkada  di daerah setempat berpasangan dengan Gagarin.

Ia  sementara mengumpulkan 132.118 suara, jumlah itu setara dengan 74,8 persen suara yang telah masuk ke basis data Sirekap. Sedangkan lawannya, pasangan Yudi Sumbogo-Isyah Ansori baru memperoleh 44.555 suara. Perolehan itu setara dengan 25,2 persen dari suara yang telah masuk.

Sirekap telah menerima data rekapitulasi suara dari 757 tempat pemungutan suara (TPS) di Pacitan. Artinya, baru 58,28 persen suara yang sudah masuk dalam sistem.

Baca juga : Pilkada 2020, Calon dari dinasti lokal ungguli kerabat Prabowo dan Ma’ruf Amin

Pilkada 2020, sejumlah calon dari keluarga pejabat unggul sementara 

Keponakan mantan Wapres diusung maju Pilwalkot Makassar

Loading...
;

Pasangan Indrata-Gagarin diusung oleh Demokrat, Golkar, PPP, Gerindra, Nasdem, PKS, dan Hanura. Adapun Yudi-Isyah diusung oleh PDIP dan PKB.

Meski Sirekap bukanlah penentu hasil akhir perolehan suara Pilkada Serentak 2020. Sistem ini hanya untuk publikasi dan upaya transparansi KPU. Hasil akhir Pilkada 2020 tetap merujuk pada rekapitulasi manual berjenjang. Saat ini, suara sedang direkapitulasi di tingkat desa dan kelurahan ataupun kecamatan.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani telah mengklaim partainya memenangi empat dari sembilan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pilkada Serentak 2020.

Kamhar merinci, empat Pilgub yang dimenangkan Demokrat antara lain Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel), Pilgub Kalimantan Utara (Kaltara), Pilgub Bengkulu, serta Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng).

 

Sementara itu, lanjut dia, Demokrat juga meraih beberapa kemenangan di Pilkada tingkat kabupaten atau kota, di antaranya satu dari empat di Banten, empat dari tujuh di Jawa Barat (Jabar), 11 dari 19 di Jawa Timur, dan 11 dari 14 di Jawa Tengah.

Tiga dari empat di Maluku, tiga dari empat di Sulawesi Barat (Sulbar), tujuh dari 12 Pilkada di Sulawesi Selatan (Sulsel), dua dari tiga di Gorontalo, dan empat dari delapan di Sulteng. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top