Pilkada Yahukimo: Ini hasil pleno KPU Yahukimo

papua, pilkada yahukimo, pleno KPU
Suasana penandatanganan rekapitulasi tingkat kabupaten dan Berita Acara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2025 di Aula KPU Yahukimo-Jubi/Piter Lokon

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo, telah melaksanakan rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten pemilihan Bupati dan wakil Bupati Yahukimo tahun 2020.

Pleno dilangsungkan di Aula KPU Kabupaten Yahukimo, Dekai pada Kamis (17/12/2020). Pleno tahapan rekapitulasi tingkat kabupaten itu, dibacakan oleh Melinus Soo, anggota KPU Yahukimo dari divisi teknis penyelenggaraan pemilu.

Pilkada untuk Calon Bupati dan wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2025, diikuti oleh dua pasangan. Yaitu nomor urut 01 Didimus Yahuli SH – Esau Miram S.IP, Kemudian nomor urut 02 Abock Busup MA – Yulianus Heluka SH,

Pasangan nomor urut 1, Didimus Yahuli SH – Esau Muram S.IP tercatat meraup 172.535 suara.  Sedangkan pasangan nomor urut 2, Abock Abock Busup MA – Yulianus Heluka SH meraup 138.064 suara.

Total perolehan surat suara sah, sejumlah 310.599 suara. Tercatat ada 6 suara tidak sah karena surat suara keliru atau salah coblos di distrik Dekai, sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat 310.605 suara,” kata Yesaya Magayang, Ketua KPU Yahukimo.

Sebagai catatan, tingginya partisipasi pemilih pada Pilkada Yahukimo tersebut, dikarenakan sebagian besar TPS menggunakan sistem Noken. Hanya segelintir saja TPS yang menggunakan sistem demokrasi.

Loading...
;

“Dari 51 distrik, 512 kampung, 866 TPS, kami sudah tetap perolehan masing-masing calon, hasilnya nomor urut 1 menerima dan nomor urut 2 ajukan keberatan-keberatan,” ujarnya.

Kemudian berita acara hasil pleno kemudian ditanda tangani oleh Komisioner KPU Yahukimo, masing-masing Yesaya Magayang ketua KPU, Melinus Soo, Penas Bahabol, Andeas Silak dan saksi nomor urut 01, Minggituk Kobak.

Sementara saksi nomor urut 02, Toni Uk, menolak untuk tanda tangani berita acara karena ada beberapa distrik akan ajukan gugatan.

Berita acara dan hasil rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten Yahukimo itu kemudian diserahkan kepada Ketua Bawaslu Sepius Mirin, Saksi nomor urut 01 dan 02.

Dengan dilaksanakannya rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten itu, KPU Yahukimo memberikan apresiasi dan mengharapkan kepada kedua pendukung, Tim dan calon Bupati dan wakil Bupati Yahukimo periode 2021-2025.

“Kami apresiasi karena selama dari tahapan ke tahapan tertib, tidak ada konflik antara pendukung dan dari pendukung ke kami KPU. Kami juga sarankan (agar) pertahankan (seperti) beberapa tahapan yang sudah kami lewat,”

“Harapan kami sebagai penyelenggara hasil yang peroleh terima dengan baik hati, supaya Yahukimo menjadi Damai sejahtera. Kebetulan ini adalah (suasana) Natal. Jadi kita jaga hari ini . Maka kami KPU menyampaikan kepada (Masyarakat) 51 distrik dan 512 kampung kita tenang, aman ,” (*).

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top