Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pilkada Yalimo tanpa bakal calon jalur perseorangan

Ketua KPU Yalimo (depan) saat bersama Komisioner KPU Papua pada peluncuran Pilkada 2020 di Elelim. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yalimo memastikan tak ada satu pun bakal pasangan calon jalur perseorangan dalam Pilkada 2020. Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, mengatakan penyerahan syarat dukungan dibuka sejak 19 Februari 2020, namun hingga batas waktu yang ditetapkan, tidak ada satu pun yang datang ke KPU.

“Sejak 19 Februari hingga batas waktu 23 Februari 2020 pukul 24.00 WP, kami menunggu di kantor, namun sampai hari terakhir tidak ada bakal pasangan calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan,” kata Walianggen, saat dihubungi Jubi, Minggu malam (23/2/2020).

Walaupun tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan, kata dia, KPU wajib melaksanakan tahapan ini dengan selalu menunggu di kantor KPU di Elelim, untuk penerimaan penyerahan syarat dukungan oleh bakal pasangan calon.

“Tetapi sesuai jadwal yang ada hingga pukul 24.00 WP hingga batas waktu itu , idak ada juga yang menyerahkan syarat dukungan, otomatis KPU lakukan pleno tanpa ada bakal pasangan calon,” katanya.

KPU sendiri akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon dari jalur partai politik pada Juni 2020. KPU juga sebelumnya telah mengumumkan syarat dukungan bagi calon perseorangan yang akan maju pada pemilukada serentak 2020, yang dibuktikan dengan 8.944 KTP elektronik.

Ketua Bawaslu Yalimo, Habakuk Mabel, mengaku pihaknya selalu mengawasi setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU pada proses pilkada tahun ini.

Loading...
;

“Termasuk dalam tahapan dari pengumuman hingga penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan ini. Tetapi memang kenyataannya tidak ada yang menyerahkan syarat yang telah ditetapkan itu,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top