Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

PINA bela wartawan PNG yang diserang

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Presiden dari asosiasi pers Kepulauan Pasifik, Pacific Islands News Association (PINA) mengatakan dia terkejut dan kecewa mendengar serangan terhadap jurnalis PNG, Dorothy Mark, dalam perjalanannya ke Pulau Manam pada hari Sabtu lalu (25/08/2018) untuk meliput bencana gunung berapi di pulau itu.

Upaya evakuasi sedang dilakukan untuk memindahkan sekitar 7.000 jiwa keluar dari pulau itu.

PINA bela wartawan PNG yang diserang 1 i Papua

Presiden PINA, Kora Nou, yang juga menjabat Direktur dari perusahaan penyiaran milik pemerintah PNG, National Broadcasting Corporation, mengungkapkan bahwa Mark menderita luka-luka di wajah ketika kapal yang dia gunakan bersama wartawan lain untuk menyebrang ke pulau itu dirampas.

Nou mengatakan mereka harus berjalan selama satu jam ke desa berikutnya, agar bisa menemukan tumpangan untuk kembali pada Minggu pagi.

Dia menerangkan bahwa Mark telah mempertaruhkan nyawanya, untuk melakukan perjalanan ke Pulau Manam dan memastikan dunia tahu musibah yang menimpa warga Pulau Manam.

“Pelaporan awal yang dilakukan oleh wartawan kita yang telah memicu evakuasi warga negara kita, serta bantuan darurat yang sangat dibutuhkan.”

Loading...
;

“Serangan tidak beralasan yang dilakukan terhadap Nona Mark, yang mengalami luka-luka wajah, wajib untuk dihukum dengan sanksi paling keras dan mereka yang bertanggung jawab harus ditangkap dan dituntut,” tegasnya.

Disadur dari berita Pacific Islands News Association, Nou mengatakan, ia meminta Administrasi Provinsi Madang dan kepolisian, untuk segera menyelidiki serangan tanpa alasan ini dan memproses secara pidana mereka yang bersalah.

“Meskipun sebagian besar penduduk Pulau Manam benar-benar terpengaruh oleh erupsi yang terjadi hari Sabtu lalu, tindakan tidak sesuai yang telah dilakukan oleh beberapa oknum, mungkin akan memperlambat upaya evakuasi awal dan bantuan,” tambahnya.

Nou juga menyatakan keprihatinannya atas serangan online yang ditargetkan pada jurnalis muda asal Samoa, Lani Wendt Young, editor dari Planet Samoa online. (RNZI)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top