Pipa Tiga Tahun Terpasang, Air Tidak Mengalir

Pipa keran air di salah satu rumah warga, Kampung Bumi Mulia - Jubi/Titus Ruban
Pipa keran air di salah satu rumah warga, Kampung Bumi Mulia – Jubi/Titus Ruban

Nabire, Jubi – Proyek air bersih beberapa kampung di wilayah Distrik Wanggar Kabupaten Nabire, sudah tiga tahun selesai terpasang guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Namun hingga saat ini air bersih tak mengalir dari pipa tersebut.

Beberapa tersebut diantaranya, Kampung Wiraska, Kampung Wanggar Sari, Kampung Kaladiri dan Kampung Bumi Mulia.

“Saat masuknya proyek itu, kami sendiri tidak tahu. Tiba-tiba ada orang kerja dan saat selesai tidak ada pemberitahuan bagi aparat Desa di sini. Kami tidak tahu apakah ini program dari kabupaten atau provinsi,” kata Kepala Kampung Bumi Mulia, Yulius Mote saat ditemui di kediamannya Selasa (2/8/2016).

Yulius Mote mengatakan saat pertemuan dengan Bupati Nabire, dirinya pernah menayakan hal tersebut.

“Saat itu Bupati mengatakan Bupati sudah kasih uang delapan ratus juta rupiah kepada salah satu warga di sini untuk pengadaan program air bersih di kampung Bumi Mulia. Namun sampai saat ini tidak ada air mengalir dari pipa tersebut,” katanya.

Mote meminta agar pemerintah serius membantu masyarakat karena saat ini masyarakat hanya mengkonsumsi air sumur sebagai sumber air bersih. Namun air sumur sangat keruh dan untuk mengkonsumsinya, warga harus menyaring dahulu.

“Saya juga heran, kenapa harus ambil sumber dari Kadiri? Di kali mati sini kan ada sumber air yang bagus. Saya bingung dengan proyek yang turun ke kampung – kampung ini. Orang datang kerja lalu pergi begitu saja. kami di kampung ini apakah,” katanya. (Titus Ruban)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top