Follow our news chanel

PKBM Rerei gelar pelatihan merajut noken

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Sebanyak 20 orang ibu-ibu yang tersebar di Distrik Gresi Selatan sedang mengikuti pelatihan merajut noken menggunakan bahan lokal yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rerei Kampung Klaisiu Distrik Gresi Selatan (Gresela) dan akan berlangsung selama lima hari (22-26 Oktober) yang dipusatkan di Kampung Klaisiu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Distrik (Sekdis) Gresela, Oktofianus Irwa, di Balai Kampung Klaisiu, Senin (22/10/2018).

Mewakili pemerintah daerah, Sekdis Oktofianus menyampikan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana, PKBM Rerei, yang telah bersusah payah menggelar pelatihan merajut noken dari bahan lokal kepada perwakilan ibu-ibu di Distrik Gresela.

Menurutnya kegiatan positif seperti ini yang harus dicontoh oleh generasi muda saat ini, selain menjadi lahan pekerjaan tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan diri dalam proses belajar.

“Arus globalisasi terus menekan hidup manusia, yang kuat akan bertahan sementara yang tidak kuat akan tersisih. Kegiatan seperti akan menolong siapa saja yang terlibat didalamnya,” ujar Oktofianus, usai membuka kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana, Harun Michael Lensru, mengatakan tujuan kegiatan merajut noken dengan bahan lokal ini untuk mengingatkan kembali fungsi noken itu sendiri kepada masyarakat.

Loading...
;

“Noken yang kita gunakan saat ini sudah menjadi benda budaya yang diakui oleh dunia internasional, sementara kita belum memanfaatkan noken itu sebagai sesuatu yang berguna bagi diri kita sendiri,” Harun Michael Lensru.

“Filosofi noken itu keterbukaan, rendah hati, saling membantu, dan juga kasih sayang. Tinggal kita pahami dengan melihat fisik dari noken yang dirajut, selain menjadi milik pribadi tetapi juga dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kalau dikerjakan dalam jumlah yang banyak, ada keuntungan yang akan diperoleh,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top