Follow our news chanel

PKS pengamanan dan perlindungan kawasan Hutan Papua ditandatangi

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Sentani, Jubi – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua, Polda Papua dan WWF – Indonesia Program Papua melakukan penandatanganan kerja sama (PKS) berkaitan tentang pengamanan dan perlindungan kawasan, konservasi pencegahan dan penanggulanganan kebakaran hutan serta pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar di Provinsi Papua.

Penandatangan dilakukan oleh Kepala Bidang Hukum (Kabid Kum) Polda Papua Kombes pol Sugeng Utomo, kepala BBKSDA Papua Ir. Timbul Batubara  direktur program Papua WWF-Indonesia Drs. Benja V. Mambai di rumah Amos Ondy, selaku tokoh masyarakat adat kampung Sereh Sentani di Jayapura, Senin (15/10/2018).

“Kami berharap dengan adanya PKS bersama Polda dapat memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam penegakkan hukum atas pelanggaran tindak pidana di bidang konservasi sumber daya alam,” kata Kepala BBKSDA, Timbul Batubara.

Tindak pidana di bidang konservasi sumber daya alam yang dimaksud meliputi kerusakan hutan dan hasil hutan khususnya pada kawasan konservasi, kebakaran hutan, perambahan  kawasan konservasi, illegal logging, penguasaan dan perdagangan tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi, serta penanganan dan penyelesaian konflik satwa liar lingkup Provinsi Papua.

“Kerja sama dengan WWF –Indonesia, kami berharap WWF mampu memperkuat fungsi konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, melalui pengelolaan kawasan konservasi dan kawasan ekosistem esensial yang berbasis local wisdom dalam kerangka “Harmoni alam dan budaya,” katanya.

Direktur program Papua WWF –Indonesia, Drs. Benja V. Mambai menyambut baik kerja sama tersebut. Mambai menjelaskan WWF sejak tahun 1980an bekerja pada kawasan konservasi.

Loading...
;

“Tidak hanya itu, masyarakat Papua yang sejak turun temurun yang tinggal di kawasan tersebut mendapat perhatian khusus,” katanya.

Mambai menjelaskan kerja sama tentang pengelolaan kawasan konservasi dan pengelolaan KEE pelaksanaan program yang dijabarkan kedalam rencana kerja tahuna mereka, dan dapat menguatkan fungsi ekosistem  dan keanekaragaman hayati sekaligus menguatkan masyarakat yang tinggal di dalam atau di sekitar  kawasan untuk pembagunan yang bekelanjutan.

Kapolda Papua,  Irjen Pol ,Martuani Sormin sepakat diperlukan koordinasi antara instansi agar ada kesamaan pola pikir pola sikap dan pola tindak dalam melaksanakan tugas pengamanan dan perlindungan kawasan konservasi, pencegahan dan penanggulanganan kebakaran hutan dan pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar di Provinsi Papua.

“Untuk peredaran satwa liar di Provinsi Papua, Polda Papua memberikan perhatian khusus  kepada segala bentuk perdagangan satwa liar. Ini pun ditunjukkan pada saat kapolda mengunjungi kandang transit BBKSDA Di daerah Buper Waena beberap waktu lalu,” kata Kapolda dalam sambutan yang dibacakan Kabid Kum Polda Papua Kombes Pol Sugeng Utomo.

Polda Papua dan BBKSDA Papua, sepakat bekerjasama berkaitan pengamanan dan perlindungan kawasan, konservasi pencegahan dan penanggulanganan kebakaran hutan serta pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar di Provinsi Papua.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi, 1. Pertukaran data dan informasi. 2. Peningkatan kemampuan sumber daya manusia. 3. Pengamanan dan perlindungan hutan, serta pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar, melalui kegiatan pre-emitif, preventif dan represif. 4. Pencegahan dan penanggulangan kebarakan hutan. 5. Program polisi sahabat alam.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top