Loading...

TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

PLBN Yetetkun dipastikan rampung tahun ini

Perbatasan Negara di Papua
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai. - Jubi/Alexander Loen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri memastikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara atau PLBN Yetetkun yang berada di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel akan selesai pada Maret atau April 2022. Hal itu dinyatakan Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai di Jayapura, Sabtu (22/1/2022).

Wanggai mengatakan kehadiran PLBN di daerah itu dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. “Sosialisasi mengenai manfaat dan aturan terus kami lakukan terhadap masyarakat setempat, mengingat jika pos ini sudah selesai dibangun maka akan hadir pula para petugas perbatasan,” kata Wanggai.

Ia mengklaim, sepanjang 2021, program pengembangan wilayah perbatasan, lintas batas, dan batas wilayah berjalan dengan baik. Pemerintah tidak pernah tinggal diam dalam upaya pemerataan ekonomi masyarakat, apalagi Boven Digoel memiliki banyak sejarah.

Baca juga: Sekolah di perbatasan memiliki kerumitan tersendiri

“Intinya, kami ingin wilayah dan masyarakat perbatasan mengalami kemajuan di berbagai sektor,” ujarnya.

Wanggai menambahkan, tahun ini pihaknya juga membangun delapan unit perumahan yang tersebar di empat kampung perbatasan, yakni Kampung Sangke, Kampung Kofro, Kampung Kriku Arso Timur, Kabupaten Keerom dan Kampung Skouw Sae, Distrik Muaratami, Kota Jayapura.

Baca juga: Diperlukan kepedulian semua pihak kelola potensi di kawasan perbatasan

“Kami harapkan masyarakat di wilayah perbatasan bisa pergunakan dengan baik,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyampaikan pembangunan PLBN Yetetkun merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjalankan amanah Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo. Nawacita yang disampaikan lima tahun silam ingin “Membangun dari Pinggiran”.

“Tujuannya adalah untuk menjadikan kawasan perbatasan negara yang sering juga disebut sebagai halaman belakangnya Negara Indonesia, menjadi beranda depan yang dapat dibanggakan,” kata Basuki. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us