Follow our news chanel

PM Australia akhiri kunjungan di Vanuatu dan Fiji

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengakhiri perjalanan tiga harinya ke Vanuatu dan Fiji, dimana ia mengumumkan bantuan tambahan bernilai jutaan dolar untuk wilayah Pasifik, namun menerima kritikan akibat sikap apatis Australia dalam menangani isu perubahan iklim.

Kunjungan historis itu menandai pertama kalinya seorang perdana menteri Australia, melakukan kunjungan bilateral selama lebih dari satu dekade.

“Jika ada satu hal yang harus diketahui mengenai Australia, dan saya yakin ini benar, adalah bahwa jika kita membuat komitmen, kita berpegang teguh pada komitmen itu,” kata Morrison, Jumat lalu (18/1/2019), dalam pidatonya di Universitas Pasifik Selatan (USP) di Suva.

Di Fiji, komitmen Australia lebih meluas, sementara di Vanuatu terkesan lebih impulsif. Pada hari Rabu pekan lalu, Morrison dan PM Vanuatu, Charlot Salwai, mencapai kesepakatan untuk melonggarkan larangan ekspor kava ke Australia, didorong oleh permintaan PM Salwai selama pertemuan mereka.

Di Fiji, lebih banyak hasil kerja yang diumumkan.

Inisiatif ‘Vuvale Partnership’ baru antara Fiji dan Australia diumumkan, mencakup kerja sama dalam bidang pendidikan senilai AS$ 60 juta dengan Universitas Pasifik Selatan, untuk menaikkan standar pengajaran di perguruan tinggi itu, dan program bernilai AS$ 12 juta untuk mengirim konten televisi Australia ke Pasifik selama tiga tahun ke depan.

Loading...
;

Morrison juga secara resmi mengumumkan masuknya Fiji dalam Skema Tenaga Kerja Pasifik (Pacific Labour Scheme), menyusul berita November lalu bahwa Australia akan memperluas skema tenaga kerja itu ke semua negara di Kepulauan Pasifik, dan menaikkan batas kuota tenaga kerja. Fiji juga akan bergabung dengan program Pacific Medicines Testing Program milik Australia.

Hari berikutnya, di USP, Morrison menekankan kembali komitmen pemerintahnya, dalam tindakan melawan perubahan iklim, dengan berkata itu adalah salah satu dari banyak tantangan global yang akan mereka hadapi bersama. (RNZI)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top