Follow our news chanel

Previous
Next

PM Kepulauan Cook yang baru akan lepaskan dua portofolio pada 2021

Perdana Menteri Kepulauan Cook, Mark Brown. - Cook Islands News

Papua No.1 News Portal | Jubi

Avarua, Jubi – Perdana Menteri Kepulauan Cook yang baru dilantik, Mark Brown, menekankan bahwa menteri kabinet lainnya akan diberikan lebih banyak tanggung jawab.

Portofolio utama, seperti Kementerian Luar Negeri dan Keuangan, akan dialokasikan kembali ke menteri-menteri lainnya, Mark Brown membenarkan Jumat kemarin (9/10/2020).

Namun, Brown, yang saat ini memegang dua portofolio itu serta 15 kementerian lainnya dalam susunan Kabinet yang baru, mengatakan perubahan itu tidak akan terjadi hingga tahun depan.

Daftar 17 kementerian yang ia pimpin pada saat ini meliputi Energi dan Energi Terbarukan, Pulau-Pulau Terluar, Komisi Layanan Publik, Kepolisian, Sumber Daya Kelautan dan Mineral Dasar Laut, Perusahaan Investasi Negara Kepulauan Cook, Komisi Pengawas Keuangan, Otoritas Pengembangan Jasa Keuangan, Telekomunikasi, Audit/ Komite Tinjauan Belanja Publik (PER), Kepala Negara, dan Pensiun Nasional Kepulauan Cook.

Brown, yang mengambil alih peran PM setelah Henry Puna mengundurkan diri lebih dari seminggu yang lalu, menerangkan bahwa sebagian besar portofolio yang ia pegang hanyalah “badan-badan kecil yang dijalankan oleh dewan dimana tidak ada kementerian yang dilibatkan”.

“Jadi, saya sebenarnya hanya memegang sekitar enam kementerian, ini yang menjadi tanggung jawab saya, dan tentu saja saya akan melepaskan beberapa kementerian ini dalam waktu ke depan,” tegas Brown. “Saat ini perhatian semua orang berpusat pada Cook Islands Games, jadi tahun depan saya akan mempertimbangkan (divestasi) tanggung jawab itu.”

Loading...
;

Dengan pelaksanaan pemilu Selandia Baru, Sabtu mendatang, Brown berkata sebagai pemimpin, dia merasa saat ini dia perlu memegang portofolio urusan luar negeri.

Brown mengatakan hal yang sama untuk portofolio Keuangan – jabatan yang sudah ia pegang selama sekitar satu dekade sejak ia memulai karir di politik pada 2010.

Dua portofolio yang akan Brown pertahankan selama masa jabatannya adalah Jaksa Agung dan Menteri Kepolisian.

Dari Oposisi, Partai Demokrat pekan lalu mempertanyakan alokasi portofolio itu. Pemimpinnya, Tina Browne berkata: ”PM yang baru berkata ia ‘bersemangat dengan potensi Kabinetnya …’ dan kemudian memberikan 17 portofolio kepada dirinya sendiri, ini merupakan indikasi seberapa besar kepercayaan dia pada ‘potensi’ dari rekan-rekan anggota Kabinetnya.” (Cook Islands News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top