Follow our news chanel

Previous
Next

PM Marape reshuffle Kabinet PNG, O’Neill pindah ke oposisi

PM James Marape menunjuk anggota parlemen oposisi dari Kavieng, Ian Ling-Stuckey, sebagai bendahara menggantikan MP Sam Basil. - Post-Courier
PM Marape reshuffle Kabinet PNG, O’Neill pindah ke oposisi 1 i Papua
PM James Marape menunjuk anggota parlemen oposisi dari Kavieng, Ian Ling-Stuckey, sebagai bendahara menggantikan MP Sam Basil. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Menteri Perencanaan dan Pengawasan Nasional PNG, Richard Maru, MP dari Yangoru Saussia, telah keluarkan dari Kabinet PM James Marape. Anggota Parlemen (MP) dari Bulolo, Sam Basil, mengambil alih portofolio kementerian tersebut.

Juga mengejutkan, PM James Marape menunjuk anggota parlemen oposisi dari Kavieng, Ian Ling-Stuckey, sebagai bendahara – peran yang sebelumnya dipegang oleh MP Basil sejak Marape menggantikan Peter O’Neill.

Keduanya mengambil sumpahnya Selasa pagi lalu (27/8/2019) di kantor pemerintah sebelum sidang Parlemen dimulai siang harinya pada pukul 2 siang.

Reshuffled ini terjadi tidak lama setelah tujuh MP dari blok posisi pindah ke kubu pemerintah.

Saat memecat Richard Maru, Marape berkata bahwa partai PNC, dimana Maru menjabat wakil pemimpin, sekarang dipindahkan ke pihak oposisi.

Dia menjelaskan dalam sebuah pernyataan: “Setelah 89 hari bekerja, semakin jelas bagi Partai PANGU yang saya pimpin bahwa kita perlu menjauhkan diri dari Partai PNC dan pengaruh negatifnya. Agenda kita untuk mengambil kembali PNG memerlukan tim yang bersatu dari pemimpin-pemimpin yang sepaham, dan sekarang terlihat jelas bahwa untuk mencapai hal PANGU memerlukan kebebasan untuk memimpin dengan identitas yang baru dan berani.

Loading...
;

“Penghentian Menteri Richard Maru karena ia adalah wakil senior Ketua Partai PNC. Dengan penuh rasa hormat, kami terima anggota-anggota Partai PNC lainnya untuk tetap duduk di blok pemerintahan sebagai menteri-menteri dan pemimpin, kecuali mereka memilih untuk bergabung dengan PNC dan dengan demikian bergabung dengan oposisi.”

Selain Ian Ling-Stuckey, MP lainnya yang dilaporkan juga pindah adalah MP Namatanai dan Sekretaris Jenderal National Alliance Party Walter Schnaubelt, Gubernur East Sepik Allan Bird, Gubernur Oro Gary Juffa, MP dari Northwest Port Moresby Sir Mekere Morauta dan dua MP Bougainville, Timothy Masiu dan William Nakin.

Gubernur Oro, Gary Juffa berkata melalui media sosialnya: “Pemimpin PNC, Peter O’Neill, telah diusir dari Pemerintah dan telah diminta untuk pindah ke Oposisi.”

“Ini berarti sekarang kita pindah ke blok pemerintah.” (Post Courier)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top