Follow our news chanel

PM Salwai: Penyelesaian adat dan konstitusi, cara atasi masalah di Vanuatu

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai mengatakan dirinya sudah mengantongi kepercayaan dari jajaran Kementerian dan semua anggota parlemen non-pemerintahan yang membentuk pemerintahannya.

Dia mengeluarkan pernyataan itu saat penyelenggaraan rekonsiliasi adat antara dirinya, Menteri Infrastruktur dan Pekerjaan Umum, pemimpin Leaders Party Jotham Napat serta Joe Natuman sebagai pemimpin Partai Vanua’aku, minggu lalu di kantor Perdana Menteri.

Menurut dia setelah pertemuan itu , Napat menyelenggarakan rekonsiliasi adat terkait komentarnya sebagai Menteri Negara yang beroposisi dengan pembicaraan pemerintah terkait pajak pendapatan yang mengarah untuk kemungkinan perombakan kabinet.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara pemerintah Hilaire Bule mengatakan sebagai respon, Perdana Menteri Salwai dan wakilnya Natuman juga menyatakan permintaan maaf kepada Napat atas pernyataan yang mungkin membahayakan anggota-anggota Partai Leaders.

Salwai menekankan bahwa ia mempercayai para anggota pemerintahannya untuk berdiri sejajar dan membuat perubahan demi kebaikan negeri itu.

“Persatuan dan kestabilan di dalam pemerintahan sangat penting menuju pembangunan dan pemberian layanan kepada rakyat Vanuatu,” ujarnya. Dia juga berterimakasih kepada Menteri-menteri pemerintah dan anggota parlemen yang mendukungnya ditengah kritisisme.

Loading...
;

Pemerintahan Salwai memperingati satu tahunnya pada Sabtu (11/2) lalu.

Dia  mengatakan bahwa koalisi pemerintah dibawah kepemimpinannya hari ini didirikan oleh banyak partai politik dan hal itu bukan tugas mudah untuk mengelolanya. Namun semua pemimpin di dalam pemerintahan dilahirkan dalam adat, ujar dia.

PM Salwai juga menjelaskan di beberapa negara, mereka menggunakan senjata untuk atasi masalah, namun dia bersyukur Vanuatu memiliki cara mereka sendiri untuk atasi masalah.

Penyelesaian adat dan konstitusional adalah sebagian dari cara atasi masalah tersebut.(*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top