HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

PM Samoa kembali terpilih pimpin partainya ke pemilu 2021

Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi, beberapa menit setelah ia terpilih untuk memimpin partainya ke pemilu Samoa. - Samoa Observer/ Vaitogi A. Matafeo

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Dr. Sa’ilele Malielegaoi, telah terpilih kembali untuk memimpin Partai Perlindungan HAM (Human Rights Protection Party; HRPP) menjelas pemilihan umum tahun depan.

PM Tuilaepa juga telah membenarkan pencalonannya lagi untuk daerah pemilihan Lepa, membantah anggapan bahwa pria berusia 75 tahun itu, yang telah menjadi Perdana Menteri Samoa selama 21 tahun, sedang mempertimbangkan untuk pensiun.

“Anggaran rumah tangga HRPP sejak dulu, sejak era Tofilau Eti Alesana, menuliskan bahwa kita memilih pemimpin partai dua kali selama masa jabatan kita,” jelas Tuilaepa. “Pertama kali saat periode kampanye, dan pemilihan kedua adalah memilih pemimpin partai untuk masa jabatan lima tahun.

“Meskipun masa jabatan saya selama lima tahun belum berakhir, saya merasa ini perlu dilakukan ini sesegera mungkin, dan partai HRPP telah kembali memilih saya.”

Perdana Menteri itu mengatakan 43 anggota partai menghadiri pertemuan kaukus mereka dan ia menang bulat.

“Ini adalah kali ke-19 saya terpilih untuk memimpin partai ini dan saya akan memimpin partai selama sembilan bulan ke depan,” katanya.

Loading...
;

Tuilaepa juga menegaskan bahwa sejauh ini, sudah ada 94 caleg yang mendaftar untuk mencalonkan diri di bawah bendera partai HRPP.

“Tapi kita mengantisipasi akan ada lebih banyak kandidat yang mencalonkan diri untuk HRPP, masih ada sejumlah dapil lain yang belum rapat untuk memutuskan calon mereka.

Tuilaepa juga menyatakan bahwa sampai saat ini, ada enam partai politik, termasuk partai yang rencananya akan dimulai mantan anggota HRPP, La’aulialemalietoa Leuatea Schmidt. Ia menebak bahwa anggota partai La’auli termasuk Olo Fiti Vaai dan Faumuina Wayne Fong, mantan anggota HRPP.

“Agak memalukan mereka telah mengumumkan partai baru, namun tidak ada anggotanya,” tutur Tuilaepa. “Saya menantang mereka untuk mengumumkan nama anggota mereka, jika mereka punya nyali.”

Dihubungi untuk komentar, La’auli mengatakan mereka akan mengumumkan kandidatnya pada waktu yang tepat, setelah berkonsultasi dengan anggota masyarakat dan pemilih mereka. (Samoa Observer)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top