HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PM surati badan International Rugby League setelah Tonga didepak

Perdana Menteri Tonga, Pōhiva Tu’i’onetoa. – Kaniva Tonga/Kalino Lātū

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Perdana Menteri Tonga, Pōhiva Tu’i’onetoa, telah menyurati badan global untuk olahraga Rugby League, International Rugby League (IRL) untuk mengabaikan surat yang dikirimkan oleh mantan Plt. Perdana Menteri Tonga, Sēmisi Sika, pada 20 September 2019 lalu.

Dalam suratnya, PM Tu’i’onetoa berkata bahwa pemerintah Tonga masih mengakui Tonga NRL atau TNRL sebagai badan yang legal di bawah hukum Tonga, dan bahwa itu adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas olahraga Rugby League di Tonga dan di luar negeri. Dia meminta IRL dan negara-negara anggotanya untuk kembali memasukkan TNRL ke keanggotaan badan internasional tersebut.

“Bahwa kita meminta pengkajian dan pembatalan keputusan tentang pemberhentian TNRL oleh dewan IRL dan negara-negara anggotanya,” kata Perdana Menteri, dalam salinan suratnya yang didapatkan oleh Kaniva News.

“Agar Pemerintah Tonga dan IRL bisa bekerja sama dengan TNRL untuk meninjau dan menyelesaikan masalah keuangan dan tata kelola TNRL dan menyelesaikan semuanya sebelum 30 Juni 2020.”

PM Tu’i’onetoa saat ini berada di Maroko, namun dalam sebuah posel yang ia kirimkan ke Kaniva News Selasa siang lalu (25/2/2020), dia berkata bahwa menurutnya surat yang ditulis oleh Sēmisi Sika tahun lalu tidak memiliki dasar hukum.

PM Tu’i’onetoa merujuk pada surat yang dikirim oleh Sika “kepada badan global itu, menyatakan bahwa TNRL telah kehilangan kepercayaan dan dukungan dari klub-klub setempat dan pemain lokal, dan dia mendesak IRL untuk mengakui federasi Tonga yang baru.”

Loading...
;

“IRL menyebut kekhawatiran pemerintah itu sebagai pemicu tindakan yang tegas, meskipun beberapa hari setelah mengirimkan surat itu Sika lengser karena perombakan parlemen.”

PM Tu’i’onetoa meyakinkan IRL bahwa pemerintahnya akan merombak TNRL.

Seperti yang dilaporkan Kaniva News pekan lalu, dewan IRL telah menendang TNRL dari badan pengelola olahraga itu, dalam langkah terbaru dalam perselisihan berkepanjangan antara kedua badan akibat tata kelola, keuangan, dan ancaman untuk memboikot pemain.

Menurut RNZ, TNRL telah ditangguhkan dari IRL sejak Oktober, setelah ia memecat pelatih nasional, Kristian Woolf, karena pertengkaran seputar isu keuangan, yang menyebabkan pemain Rugby League mengancam memboikot piala dunia Rugby League, World Cup 9s, dan beberapa pertandingan pada akhir musim.

IRL telah merekomendasikan serangkaian reformasi untuk olahraga itu di Tonga pada Desember, setelah menyelesaikan penyelidikan atas operasi dan tata kelola Rugby League di negara tersebut yang berlangsung selama dua bulan. Periode konsultasi selama 30 hari berakhir pada Januari dan, dalam sebuah pernyataan, IRL mengumumkan bahwa suatu resolusi telah disahkan untuk mengeluarkan TNRL dari keanggotaan IRL. (Kaniva Tonga)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top