HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

PMI bangun MCK buat pengungsi banjir bandang

Pengurus PMI Papua menyerahkan bantuan logistik untuk warga korban banjir bandang di Kampung Toladan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (27/2/2020) - Jubi/Yance Wenda.
Pengurus PMI Papua menyerahkan bantuan logistik untuk warga korban banjir bandang di Kampung Toladan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (27/2/2020) – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Papua menyambangi lokasi pengungsian korban banjir bandang 2019 di Kampung Toladan, Distrik Sentani. Mereka menyumbangkan bahan makanan, air bersih, serta pelbagai kebutuhan, dan membangun fasilitas mandi cuci kakus untuk para pengungsi.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, di sini belum ada MCK (fasilitas mandi cuci kasus). Karena itu, kami akan bangun dua MCK berukuran 3×3 meter. Satu (MCK) untuk (digunakan) perempuan, dan satunya lagi untuk laki-laki,” kata Ketua Harian PMI Papua Zakius Degei, Kamis (27/2/2020).

Pengurus PMI Papua sekaligus menyiapkan alat-alat pertukangan yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas MCK. Degei berharap para penghuni lokasi pengungsian dapat membantu pengerjaan dan merawat MCK tersebut.

“Kami juga mempromosikan pola hidup sehat. Anak-anak (pengungsi) diajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar,” ujarnya.

Lokasi pengungsian di Kampung Toladan dihuni sebanyak 22 keluarga korban banjir bandang 2019. Fasilitas MCK dan air bersih menjadi salah satu kebutuhan penting mereka selama ini.

“Kami memang sangat membutuhkan (fasilitas) MCK dan air bersih. Kalau semua aktivitas, seperti mencuci, dan buang air besar dilakukan di kali (sungai), pasti airnya akan kotor (tercemar),” kata Yarmin Kogoya, seorang penghuni lokasi pengungsian di Kampung Toladan. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa