Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

PMI Papua lakukan tindakan pencegahan penyebaran corona

Petugas PMI Papua sedang menyemprot disinfektan di Masjid Raya Jayapura – Jubi/PMI Provinsi Papua
PMI Papua lakukan tindakan pencegahan penyebaran corona 1 i Papua
Petugas PMI Papua sedang menyemprot disinfektan di Masjid Raya Jayapura – Jubi/PMI Provinsi Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Mengatasi penyebaran Covid-19 atau corona virus, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua sudah melakukan tindakan pencegahan mulai dari tempat umum, pemerintahan, dan juga di tempat pemukiman pengungsi banjir bandang Sentani Kabupatan Jayapura.

“PMI Provinsi Papua sudah bergerak dari bulan lalu dalam rangka pencegahan virus corona dengan pembagaian 400 masker secara gratis, pembagaian brosur untuk pencegahan dalam rangka promosi kesehatan, dilanjutkan di tujuh sekolah tingkat TK dan SD yang sudah kami masuk baik tingkat Kota dan Kabupaten,” kata Ketua Harian PMI Provinsi Papua, Zakius Degei, kepada Jubi di Sentani, Rabu (18/3/2020).

PMI Papua lakukan tindakan pencegahan penyebaran corona 2 i Papua

Selang beberapa pekan kemudian sudah ada intruksi dari pemerintah bahwa untuk menjaga diri agar tidak terinfeksi virus ini di seluruh Indonesia.

“Kami juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Raya (Jayapura), di ruang kerja Gubernur, Sekda, para asisten, dan biro-biro,” kata Zakius Degei.

Selain itu PMI Provinsi Papua terus bergerak cepat untuk mengatasi tersebarnya virus ini di tempat umum dan tempat tinggal warga.

“Tadi pagi kami masuk di Bandara Sentani, kami mulai semprot di tangga naik eskalator, ruang tunggu, ruang keberangkatan, dilanjutkan di posko pengungsi banjir bandang Sentani di Kali Tua di Kampung Toladan. Tempat ini juga sudah beberap kali kami datangi dengan memberikan bantuan serta MCK buat pengungsi. Ini bagian dari pemulihan banjir bandang. Hari ini kami datang lagi,” kata Degei.

Loading...
;

Degei menjelaskan walau pihak lain akan melakukan hal yang sama namun PMI terus bergerak.

“Kita akan lihat ke depan untuk melakukan penyeprotan di tempat umum seperti bandara, pelabuhan, terminal, mall, kantor, tempat ibadah seperti gereja dan masjid,” ucapnya.

Untuk mendukungan berjalannya kegiatan ini, kata Degei, PMI Provinsi Papua minta tambahan peralatan agar dapat digunakna untuk memutus penyebaran virus corona.

“Alat baru datang kemarin siang dan kami langsung turun lapangan dan hari ini atau besok nanti akan tiba lagi tujuh buah alat yang dapat kami gunakan,” tuturnya.

Ketua posko pengungsian banjir bandang Kampong Toladan, Ambas Kogoya, mengatakan tindakan pencegahan yang dilakukan PMI Papua sangat baik.

“Terima kasih untuk PMI Provinsi Papua yang sudah berjiwa kemanusian, datang melakukan tindakan pencegahan dengan penyemprotan di tenda pengungsian banjir bandang Kampung Toladan,” ungkapnya.

Sejauh ini, imbuh Kogoya, Dinas Kesehatan belum memberikan mereka perlengkapan untuk pencegahan penularan virus corona seperti masker atau sabun cuci tangan dan obat-obatan. “Dalam satu rumah atau tenda ini kami tinggal 3-4 kepala keluarga dan anak–anak. Bagaimana kami mau isolasikan diri dengan kondisi kami seperti ini, tentu tidak mungkin,” kata Ambas Kogoya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top