Follow our news chanel

PMI targetkan 100 perusahaan perintis akan lahir dari anak muda Papua

Neil Aiwoi, salah satu komisaris Papua Muda Inspiratif saat memberikan keterangan soal pembangunan Papuan Youth Creative Hub di Kota Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.
PMI targetkan 100 perusahaan perintis akan lahir dari anak muda Papua 1 i Papua
Neil Aiwoi, salah satu komisaris Papua Muda Inspiratif saat memberikan keterangan soal pembangunan Papuan Youth Creative Hub di Kota Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Presiden RI, Joko Widodo baru saja meluncurkan pusat pengembangan kreatifitas dan pengembangan bisnis start up (perintis) di kalangan anak muda Papua, yang dinamakan dengan Papuan Youth Creative Hub.

Pusat pengembangan ini akan dibangun di Kota Jayapura, dengan luasan tanah sebesar 1,5 hektare. Di atas lahan tersebut, akan dibangun sebuah pusat pengembangan kreatifitas, bisnis, bakat dan inovasi seluas 6.000 m2 yang terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemrograman dan dasar-dasar pengembangan start up, serta asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda dan pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis selama 1-2 bulan.

Di dalam pusat pengembangan kreatifitas dan bisnis start up ini, akan diselenggarakan berbagai kegiatan pengembangan diri, untuk melengkapi keahlian berbisnis, termasuk didalamnya ada komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Pusat pengembangan tersebut dikelola oleh sebuah perusahaan yang didirikan oleh 21 Pemuda-pemudi asli Papua dari 7 wilayah adat, yang memiliki usaha, ataupun kegiatan sosial di bidang yang berbeda-beda. Perusahaan tersebut adalah PT Papua Muda Inspiratif (PMI).

“Saya sebagai salah satu dari pemuda Papua yang selama ini bergelut dalam bidang bisnis start up merasa bahwa ini merupakan sebuah gerakan yang baik untuk mendorong lebih banyak lagi anak-anak Papua untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya melalui bisnis, atau pergerakan social,” kata Billy Mambrasar, Direktur Utama dari PT Papua Muda Inspiratif kepada wartawan, Selasa (29/10/2019) di Jayapura.

Dikatakan, pihaknya menargetkan akan melahirkan kurang lebih 100 pemilik start up atau pergerakan sosial yang dapat ikut berkontribusi mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua di bidang-bidang kritikal.

Loading...
;

“Sampai sekarang, sejak di launchingnya giat Papua Muda Inspiratif bersama Presiden Jokowi sudah 265 orang yang berkeinginan untuk menjadi anggota, semuanya adalah pemuda dan pemudi Papua asli,” ujar Mambrasar, yang juga adalah CEO Sebuah Social Enterprise, Kitong Bisa.

Neil Aiwoi, salah satu komisaris Papua Muda Inspiratif menambahkan, ide untuk membentuk PMI karena banyak persoalan yang terjadi di Papua terutama soal pembangunan SDM Papua.

“Sampai hari ini, porsi untuk anak-anak muda Papua masih terbatas, sehingga pada saat itu kami ada beberapa orang mendiskusikan untuk bagaimana membuat suatu pergerakan untuk tidak hanya satu orang tetapi bagaimana membangun Papua adalah tanggungjawab kita bersama,” katanya.

Dikatakan, 21 pemuda-pemudi tersebut adalah pemula, sehingga kedepannya Papua menjadi inspirasi bagi Indonesia dan Papua khususnya, dan ini tergantung anak-anak Papua.

Paskalis Pigai pendiri  PT Papua Muda Inspiratif lainnya mengatakan, pusat pengembangan kreasi dan start up ini juga akan merangkul anak-anak muda yang memiliki bakat seni dan hiburan.

“Saya selama berkuliah di UNIPA di Manokwari telah menggerakan giat fotografer jalanan dan berharap bahwa pekerja-pekerja industri kreatif seperti kami, yang adalah anak muda asli Papua akan lebih banyak lagi. Saya berharap pusat pengembangan ini dapat membantu memfasilitasinya,” ujarnya.

Dikatakan, Papuan Youth Creative Hub akan dibangun di Tujuh wilayah adat di tanah Papua, dan wilayah adat Mamta yang akan dibangun terlebih dahulu.

“Kami akan mengadakan roadshow bisnis di tujuh kota di Papua dan Papua Barat, dan di empat Kota Studi di luar Papua, seperti Manado, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya, untuk mendorong lebih banyak lagi pemuda dan pemudi Papua untuk bergabung dalam gerakan ini,” katanya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top