Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pōhiva Tu‘i‘onetoa dilantik sebagai PM Tonga yang baru

Pōhiva Tu’i’onetoa telah resmi menjadi Perdana Menteri Tonga. - RNZI/Pemerintah Tonga
Pōhiva Tu‘i‘onetoa dilantik sebagai PM Tonga yang baru 1 i Papua
Pōhiva Tu’i’onetoa telah resmi menjadi Perdana Menteri Tonga. – RNZI/Pemerintah Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Pōhiva Tu’i’onetoa telah resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Tonga.

Raja Tupou VI menandatangani surat perintah penunjukan Tu’i’onetoa sebagai perdana menteri negara itu, dalam upacara pelantikan di Istana Kerajaan di Nuku’alofa, Selasa (8/10/2019).

Pōhiva Tu‘i‘onetoa dilantik sebagai PM Tonga yang baru 2 i Papua

Seperti yang dilaporkan Kaniva news sebelumnya, Tu’i’onetoa telah menjelaskan kebijakannya untuk beberapa bidang dalam sebuah wawancara eksklusif, di mana ia mengungkapkan slogan baru partai politiknya, People’s Party – ‘Counting two as one.’ Dalam bahasa Tonga, ‘Lau e ua ko e taha’, berarti memandang dua orang yang memiliki pandangan yang berbeda dan memperlakukan mereka dengan cara yang sama.

Ia menegaskan bahwa ini adalah saat untuk ‘rekonsiliasi’ dan menyatukan negara yang sudah lama terbagi oleh persaingan dan perselisihan politik.

PM Tu’i’onetoa berkata dua prioritas utama pemerintahnya adalah memperbaiki semua jalan umum dengan aspal, serta jalan-jalan ke perkebunan dengan kerikil. Prioritas lainnya adalah proyek e-government.

Ia menambahkan, malam itu, bahwa proses pemberhentian beberapa anggota menteri kabinet ‘Akilisi Pōhiva masih berlangsung, sebelum raja Tonga menunjuk menteri-menteri kabinet yang baru.

Loading...
;

Selain sebagai Perdana Menteri Tonga, Dr Pōhiva Tu’i’onetoa juga memegang dua portofolio lainnya, Menteri Luar Negeri dan Menteri BUMN. Sementara itu, Sione Vuna Fā’otusia telah dipilih sebagai Wakil Perdana Menteri serta Menteri Kehakiman dan Penjara.

Selama pemerintahan Pōhiva, Tu’i’onetoa pernah mengepalai beberapa kementerian, termasuk Kementerian Tenaga Kerja, Perdagangan, dan Perindustrian; Menteri Kepolisian dan Penjara. Ia menjadi Menteri Pendapatan dan Bea Cukai hingga September 2017, sebelum kemudian diangkat sebagai Menteri Keuangan dan Perencanaan Pembangunan Nasional pada Januari 2018. (Kaniva Tonga News)


Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top