Follow our news chanel

Previous
Next

Polda Papua segera punya laboratorium forensik

Polda Papua segera punya laboratorium forensik 1 i Papua
Laoratorium, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Papua bakal memiliki laboratorium forensik untuk mengungkap atau mendukung penyidikan dan penyelidikan berbagai kasus yang terjadi di daerah itu. Tim Mabes Puslabor Bareskrim Polri telah meninjau studi kelayakan Bidlabfor Polda Papua, Jayapura, Kamis, (30/1/220) kemarin.

“Kami sudah hampir 3 bulan berada di Polda Papua ini, kita ini direkrut dari berbagai Bidlabfor Polda yang ada di Indonesia. Kami sudah sprintkan untuk persiapan operasional Bidlabfor Polda Papua,” kata Kabid Puslabfor Polda Papua, AKB Maruli Simanjuntak, saat kunjungan di Jayapura kemarin.

Baca juga : 17 terdakwa kasus rasisme dikeluarkan dari tahanan Polda Papua

Kapolda Papua instruksikan penyelesaian kasus dugaan korupsi

Kasatker Polda Papua dibekali pemahaman laporan keuangan

Ia menyebutkan uji kelayakan Bidlabfor Polda Papua perlu dilakukan, sehingga dapat mempunyai wujud dan ujung atau mendapat suatu kesimpulan.

Loading...
;

Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki mengatakan labfor itu bagian penguatan penyidikan. “Kami harus perkuat penyidikan, selain labfor ini berkaitan dengan polsek. Penguatan personel kita baru 45 persen,” kata Marjuki.

Tercatat saat ini baru peresmian 5 polres baru, Polda Papua minta 1.000 personel ke Kapolri termasuk lulusan SPN untuk penguatan ke dalam.

“Saya berharap penguatan dalam penyidikan ini tidak terlepas dari kelemahan kita, pemahaman internal dan eksternal agar semua mendorong untuk penegakan hukum di Papua ini,” ujar Marjuki menambahkan.

Upaya Labfor itu untuk penguatan personelnya termasuk sarana prasarana yang diperlukan dan dukungan anggarannya.

Kapuslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar menyampaikan, anggaran pembangunan Bidlabfor Papua senilai 12 juta dolar AS, dibagi dua bersama Polda Riau.

“Kemarin kita sudah tengok Riau, sekarang kita tengok Papua, apabila memenuhi syarat untuk dioperasionalkan, kami akan buat surat dan turun SKEP dari Kapolri berarti siap dioperasionalkan,” kata Ahmad. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top