Polda Papua Temukan Peredaran Ganja Olahan Jenis Baru

Pengedar Ganja yang ditangkap Polresta Kota Jayapura beberapa waktu lalu - Dok/Jubi
Pengedar Ganja yang ditangkap Polresta Kota Jayapura beberapa waktu lalu – Dok/Jubi

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah (Polda) Papua telah mendapati adanya peredaran minuman berair murni, namun merupakan olahan ganja yang dapat memabukkan pengguna sampai dengan tiga hari. Minuman ini pertama kali ditemukan di kawasan perbatasan RI/PNG.

 

Brigjen Paulus Waterpauw, Kapolda Papua, di Jayapura, Senin,(17/8/2015) mengatakan, temuan baru tersebut merupakan hal buruk yang oleh kepolisian baru ditemukan di Papua, khusus di wilayah Kabupaten Keerom.

 

“Buruknya lagi di batas, kita sudah dapat minuman berair murni tapi isinya ganja. Jadi minum hari ini, bisa mabuk 1-3 hari itu sekarang sudah mulai tren.di Keerom yang lalu kita sempat dapati ,” kata Waterpauw.

Minuman jenis baru yang memabukkan itu kata Waterpauw, merupakan produk daerah yang dibuat oleh masyarakat yang ingin mencari nafkah. Pihak Kepolisian akan menindak tegas pelaku yang selama ini berusaha merusak generasi penerus bangsa dengan produk baru jenis ganja tersebut. “Saya pikir kita harus tegas di situ,” katanya.

Lanjutnya, ia akan bersinergi dengan jajarannya untuk serius menangani persoalan Minuman Beralkohol (Minol) Ilegal, termasuk ganja dan jika kedepan pemerintah Papua sudah mengeluarkan peraturan daerah (perda) maka pihaknya akan mendukung perda tersebut.

Loading...
;

”Jadi saya ingatkan untuk mereka yang mencoba – coba untuk bermain dengan Minol, membuat Minol dan sebagainya untuk stop karena kita akan serius untuk menerapkan undang – undang yang bisa menahan mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri, Pemprov Papua, Suzanna Wanggai, mengakui, sepanjang perbatasan RI – Papua Nugini (PNG) rawan penyulundupan khususnya ganja.

“Sepanjang perbatasan, baik di wilayah utara maupun selatan, banyak jalan setapak yang digunakan para penyelundup membawa barang haram,” kata Susi Wanggai. (Munir)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top